Selamat Datang, Para Penjelajah!

Bersiaplah untuk menjelajahi dunia ciptaan imajinasi dari para pencipta dunia dari Indonesia. Dunia-dunia penuh petualangan, keajaiban dan tentunya konflik antara kebaikan dan kejahatan. Maju terus para penulis fantasi Indonesia! Penuhi Takdirmu!

Fantasy Worlds Indonesia juga adalah blog resmi dari serial novel, komik, game dan multimedia FireHeart dan Evernade karya Andry Chang yang adalah versi Bahasa Indonesia dari NovelBlog berbahasa Inggris Everna Saga (http://fireheart-vadis.blogspot.com) dan FireHeart Saga (http://fsaga.blogspot.com)

Rubrik Utama Fantasindo

20 May 2014

Mitospedia Persia - Saoshyant


Mitospedia Persia - Dewa-Dewi Yazata
SAOSHYANT – DIA YANG AKAN MEMPERBAHARUI DUNIA

Nama lain : Saohyant, Sou-shyuhnt, Sorush, Srosh, Sroshdatak
Ras : Yazata / Amesha Spenta
Arti Nama : Ia yang membawa manfaat bagi dunia, Kepatuhan.
Berpihak Pada : Ahura Mazda
Peran : Hakim Pengadilan Alam Baka (bersama Rashnu dan Mithra), Pelindung Para Jiwa yang beranjak ke Rumah Lagu, dan Mesias Akhir Zaman.

Saoshyant adalah satu dari tiga hakim Pengadilan Jiwa bersama dengan Mithra dan Rashnu. Di antara para Yazata ia adalah yang paling ‘baik’ hubungannya dengan Vayu-Vata dengan memberikan Vayu-Vata ‘kesibukan’ untuk jadi satpam Pengadilan Jiwa sehingga tidak semua jiwa tumpah ruah ke dalam pengadilan.

Di antara para Yazata juga ia adalah yang paling ‘sibuk’. Kenapa? Karena setelah selesai mengadili jiwa-jiwa, ia harus memastikan jiwa orang-orang benar yang hendak mencapai ‘Rumah Lagu’ tidak dimakan oleh Aesma Daeva. Selain itu ia juga aktif membantu Mithra melawan para Daeva di muka bumi dan terkadang turut membantu Zoroaster untuk memperkenalkan konsep ‘asa’ – kebenaran pada umat manusia. Sepeninggal Zoroaster pun ia kadang masih melakukan hal ini.

==MESIAS DI AKHIR ZAMAN==

“Tiga puluh tahun sebelum perang besar terjadi, seorang perawan bernama Eredat-fedhri (Penolong Agung) dan biasa dipanggil sebagai ‘Sang Pemahat Tubuh’ akan masuk ke dalam danau Kansava. Di dalam air ini, sang gadis, yang belum pernah dijamah oleh pria manapun akan menerima pengetahuan agung. Saat itulah putranya lahir, dan anak ini takkan menyusu dari ibunya, tubuhnya akan bersinar bak matahari, dan ia memiliki kemuliaan agung seorang Khwarenah. Selama 57 tahun berikutnya ia hanya akan hidup hanya dengan makan tetumbuhan (17 tahun), hanya minum air (30 tahun), dan selama 10 tahun terakhir ia hanya akan memakan ‘makanan spiritual’.”
(Kitab Denkard 7.10.15)


Zoroasterisme mempercayai bahwa waktu di dunia ini terbagi ke dalam empat masa :
• Periode Pertama (3000 tahun) – penciptaan manusia
• Periode Kedua (3000 tahun) – pemusnahan ras manusia oleh Azhi-Dahaka dan Angra Mainyu, Yazata mencoba merestorasi kehidupan di bumi.
• Periode Ketiga (3000 tahun) – Restorasi kehidupan di bumi selesai, Azhi-Dahaka dikurung.
• Periode Keempat (3000 tahun) – Setiap 1000 tahun sekali lahir seorang utusan yang akan menyelamatkan umat manusia dari kehancuran (mesias). Utusan pertama bernama Hushedar, yang kedua Hushedarmah, dan yang ketiga adalah Saoshyant. Azhi-Dahaka bebas dan perang akhir zaman pun terjadi

Di masa 1000 tahun terakhir ini akan lebih banyak orang jahat dibandingkan orang benar dan pada masa ini Saoshyant akan menitis menjadi anak dari seorang gadis perawan bernama Eredat-fedhri. Ia akan hidup layaknya pertapa dan saat perang akhir zaman terjadi ia dan Ahura Mazda akan berhadap-hadapan dengan Angra Mainyu. Saat ia memenangkan perang ini, ia (dan dua rekan hakimnya mungkin) akan melemparkan seluruh pengikut Angra Mainyu (manusia ataupun Daeva) ke dalam api abadi yang penuh ratapan dan erangan. Angra Mainyu sendiri akan terusir ke dalam kegelapan abadi dan takkan pernah bisa kembali lagi.

==SISTER COMPLEX==

Saoshyant memiliki seorang adik perempuan bernama Ard – dewi keberuntungan yang tidak beruntung. Ard dicintai banyak dewa dan manusia karena kecantikannya namun Ard hanya tertarik pada Atar, namun karena Atar tengah bertugas menjaga Azhi-Dahaka dan takkan muncul kembali sampai akhir zaman, Ard pun memutuskan untuk tidak menikahi pria manapun. Hasilnya? Banyak pria – baik manusia maupun Daeva – yang berebut untuk memikat hati Sang Dewi. Melihat hal inipun Saoshyant mengawal Ard dengan ketat, dan siapapun pria mata keranjang yang berani mendekati Ard siap-siap saja dihajar oleh Saoshyant. Tidak jelas apakah motivasi Saoshyant murni melindungi hubungan Atar-Ard atau dia tidak rela melihat adiknya kawin. Yah ... tampaknya di antara dewa pun ada yang punya kelainan ‘sister complex’ yah?

==TRIVIA==

• Karena ia turut melawan ‘7 besar Daeva’, ia kadang digolongkan juga sebagai Amesha Spenta – menggantikan posisi Spenta Mainyu – yang ternyata adalah Ahura Mazda sendiri.
• Saoshyant adalah satu-satunya Yazata yang pernah menitis dalam wujud manusia.
• Entah bagaimana tapi kisah kelahiran Isa (Yesus) dengan kelahiran Saoshyant sangat mirip.
• Konsep Pengadilan Terakhir Zoroaster mirip dengan konsep Pengadilan Terakhir Agama-Agama Samawi.


Sumber artikel:
Facebook Page Le Chateau de Phantasm
http://www.facebook.com/LCDP.Official

No comments:

Berita Antar Dunia

Pusat Berita Dunia-Dunia