Selamat Datang, Para Penjelajah!

Bersiaplah untuk menjelajahi dunia ciptaan imajinasi dari para pencipta dunia dari Indonesia. Dunia-dunia penuh petualangan, keajaiban dan tentunya konflik antara kebaikan dan kejahatan. Maju terus para penulis fantasi Indonesia! Penuhi Takdirmu!

Fantasy Worlds Indonesia juga adalah blog resmi dari serial novel, komik, game dan multimedia FireHeart dan Evernade karya Andry Chang yang adalah versi Bahasa Indonesia dari NovelBlog berbahasa Inggris Everna Saga (http://fireheart-vadis.blogspot.com) dan FireHeart Saga (http://fsaga.blogspot.com)

Rubrik Utama Fantasindo

26 April 2014

Mitospedia Persia: Haoma dan Amesha Spenta


Mitospedia Persia

HAOMA – DEWA UPACARA
Nama lain : Hom
Ras : Yazata
Berpihak pada : Ahura Mazda
Peran : Dewa penyembuh dan upacara

Haoma adalah dewa yang namanya juga dipakai sebagai nama tumbuhan. Peran utamanya adalah dewa upacara dan dewa penyembuh. Haoma adalah salah satu Yazata yang mengajari Zoroaster tata cara upacara persembahan pada para dewa. Haoma populer dikenal sebagai dewa yang menganugerahkan kesuburan, menyembuhkan segala luka dan penyakit manusia, dan terkadang menganugerahkan keabadian kepada manusia yang layak.
Segala persembahan yang dipersembahkan kepada para Yazata akan diterima oleh Haoma dan ia akan mencatat amal baik setiap manusia yang mempersembahkannya serta menuliskan ‘rekomendasi’ anugerah yang pantas bagi manusia tersebut kepada Yazata yang dituju. Haoma adalah Yazata yang tegas namun adil sehingga para pendeta selalu memanggil nama Haoma untuk hadir dalam upacara penyucian atau saat mereka memohon petunjuk di saat-saat sulit.
Hubungan Zoroaster dengan Haoma terbilang cukup unik. Ketika Zoroaster pertama kali datang memperkenalkan ajarannya, Zoroaster tidak tahu persis ritus seperti apa yang pantas dipersembahkan pada dewa-dewa kuno (yang akhirnya menjadi Yazata), sehingga ketika Zoroaster tengah menyalakan api suci (dinyalakan dalam sebuah tungku tanah liat berbentuk persegi seukuran ±90 x 90 cm), Haoma muncul di tengah-tengah api (dengan seenaknya) dan menyuruh Zoroaster memeras sari tanaman haoma untuk dipergunakan dalam upacara persembahan. Ketika Zoroaster menanyakan soal keabsahan instruksi itu, Haoma menjawabnya dengan suara keras (bak geledek) bahwa Zoroaster wajib melakukan hal itu agar persembahannya diterima para dewa. Zoroaster pun mengiyakan instruksi itu dan sejak itu sari tanaman haoma wajib digunakan dalam upacara-upacara persembahan. Siapa yang melanggar aturan ini, siap-siap dirundung apes seumur hidupnya.
Tanaman haoma sendiri adalah sejenis tanaman psikotropika. Berbentuk seperti tumbuhan rumput berdaun lancip serta memiliki buah berwarna hijau. Dalam dosis tinggi, meminum sari tanaman ini bisa menimbulkan halusinasi.





AMESHA SPENTA – THE ARCHANGELS (MALAIKAT AGUNG)

Nama Lain : Amahraspandan
Berpihak Pada : Ahura Mazda

Amesha Spenta adalah sekolompok makhluk supranatural dalam mitologi Zoroasterisme selain fravashi – malaikat pelindung – dan Yazata – dewa-dewi. Mereka pada mulanya adalah manifestasi / aspek sifat-sifat yang dimiliki Ahura Mazda sebelum akhirnya menjadi sosok-sosok individu sendiri. Mereka berjumlah enam orang dan bertugas melindungi Ahura Mazda serta umat manusia dari Daiva yang tergabung dalam 7 besar (Lihat : https://www.facebook.com/LCDP.Official/photos/a.788354764510622.1073741836.307835652562538/811573272188771/?type=1&relevant_count=1).

Ada 3 Amesha Spenta pria dan mereka menguasai elemen-elemen api , logam, dan hewan; serta 3 Amesha Spenta wanita yang menguasai elemen bumi, air, dan tetumbuhan.

Anggota-anggota Amesha Spenta antara lain :
• SPENTA MAINYU
Nama lain : Spenamino, Hormazd
Arti Nama : Roh Kudus
Ras : Ahura / Amesha Spenta
Elemen : Manusia
Spenta Mainyu adalah manifestasi kehidupan, asha, dan cahaya. Pada mitologi awalnya ia adalah putra Zurvan, saudara kembar dari Angra Mainyu (Ahriman). Mitos ini kemudian berkembang di mana baik Angra Mainyu maupun Spenta Mainyu adalah sama-sama putra Ahura Mazda namun pada perkembangan terakhir Spenta Mainyu dianggap sebagai ‘avatar’ / wujud lain dari Ahura Mazda. Meski begitu Spenta Mainyu tetap merupakan anggota ‘tidak resmi’ dari Amesha Spenta.

• VOHU MANAH
Nama lain : Vohu Mano, Vohuman
Arti Nama : Pikiran Yang Baik
Ras : Amesha Spenta
Elemen : Binatang
Vohu Manah menyimbolkan kebijaksanaan dan pikiran yang lurus, sesuatu yang diperlukan seorang manusia untuk menjalani kehidupan yang baik. Manusia diperbolehkan memilih yang jahat ataupun yang baik tapi mereka sendirilah yang harus menanggung konsekuensinya. Tapi bagi mereka yang memohon perlindungan dari pikiran-pikiran jahat, Vohu Manah akan melindunginya dari godaan Daiva. Vohu Manah adalah Amesha Spenta pertama yang diciptakan oleh dan merupakan tangan kanan Ahura Mazda. Musuh utama Vohu Manah adalah Daiva Aka Manah (pikiran jahat / nafsu duniawi).

• ASHA VAHISHTA
Nama lain : Ardwahisht
Arti Nama : Keadilan dan Kebenaran
Ras : Amesha Spenta
Elemen : Api
Asha Vahishta adalah simbol keadilan, keteraturan, dan segala proses yang harus terlampaui untuk menuju keteraturan abadi (asha). Sama seperti Atar, ia juga berelemen api. Ia adalah Amesha Spenta kedua yang diciptakan oleh Ahura Mazda dan konon merupakan Amesha Spenta paling tangguh. Musuh utamanya adalah Daiva Indra (kesesatan).

• KHSHATHRA VAIRYA
Nama lain : Shahrewar
Arti Nama : Kekuatan Bagi Orang Benar
Ras : Amesha Spenta
Elemen : Langit dan Metal
Khshathra Vairya adalah Amesha Spenta yang dipercaya sebagai pelindung orang-orang bijak guna melindungi idealisme mereka atas ‘asha’. Amesha Spenta yang satu ini juga menyimbolkan pengendalian diri – dalam pikiran dan perkataan serta hubungan sosial. Khshathra Vairya menguasai elemen langit dan logam, ia adalah musuh utama dari Daiva Saurva (penindasan).

• SPENTA ARMAITI
Nama lain : Spandarmad
Arti Nama : Ketenangan
Ras : Amesha Spenta
Elemen : Bumi
Armaiti boleh dikatakan adalah personifikasi dewi ‘Ibu Bumi’ dalam mitologi Persia. Sama seperti Anahita dan Haoma, ia juga dipercaya dapat menganugerahkan kesuburan bagi tanah-tanah pertanian. Armaiti adalah Amesha Spenta keempat yang diciptakan Ahura Mazda, ia menyimbolkan kesetiaan kepada Sang Maha Pencipta. Musuh utamanya adalah Daiva Naghaithya (ketidakpuasan).

• HAURVATAT
Nama lain : Hordad
Arti Nama : Kesempurnaan
Ras : Amesha Spenta
Elemen : Air
Sesuai dengan elemennya – air – Haurvatat menyimbolkan kesempurnaan dalam setiap situasi, seperti air yang selalu bisa menyesuaikan diri dengan tempatnya berada. Ia bisa dimintai tolong untuk mengaruniakan kesehatan kepada umat manusia. Ia adalah lawan dari Daiva Hawrich (rasa lapar).

• AMERETAT
Nama lain : Amurdad
Arti Nama : Yang Abadi dan Tak Bisa Mati
Ras : Amesha Spenta
Elemen : Tanaman
Ameretat adalah Amesha Spenta yang disimbolkan dengan tanaman. Seperti tanaman yang selalu bisa ditemukan dan tumbuh di manapun mereka berada, Ameretat dipercaya punya sifat seperti Haurvatat – fleksibilitas. Tapi ia juga dipercaya sebagai titik akhir dari pencapaian spiritual seorang manusia – keabadian – di mana manusia tak perlu lagi takut dengan yang namanya mati. Musuh utamanya adalah Daiva Zarich (penuaan).

TRIVIA :
• Meskipun punya tugas yang mirip dengan Yazata, para Amesha Spenta relatif jarang bertarung dengan Daiva lainnya selain ‘7 besar’.
• Nama para Amesha Spenta diabadikan sebagai nama bulan dalam kalender Avesta.
• Berbeda dengan para Yazata yang setiap individunya boleh diberi penghormatan khusus, Amesha Spenta disembah sebagai satu kesatuan.


Sumber Artikel:
Facebook Le Chateau de Phantasm
http://www.facebook.com/LCDP.Official

No comments:

Berita Antar Dunia

Pusat Berita Dunia-Dunia