Selamat Datang, Para Penjelajah!

Bersiaplah untuk menjelajahi dunia ciptaan imajinasi dari para pencipta dunia dari Indonesia. Dunia-dunia penuh petualangan, keajaiban dan tentunya konflik antara kebaikan dan kejahatan. Maju terus para penulis fantasi Indonesia! Penuhi Takdirmu!

Fantasy Worlds Indonesia juga adalah blog resmi dari serial novel, komik, game dan multimedia FireHeart dan Evernade karya Andry Chang yang adalah versi Bahasa Indonesia dari NovelBlog berbahasa Inggris Everna Saga (http://fireheart-vadis.blogspot.com) dan FireHeart Saga (http://fsaga.blogspot.com)

Rubrik Utama Fantasindo

19 March 2012

Mitologi Yunani - Luckty Review


REVIEW Mitologi Yunani

Sebenernya gak tau kalo ada buku ini, karena udah lama banget gak ke Gramedia. Nah…pas baru naik menuju anak tangga Gramedia, buku ini dipajang dengan manisnya. Langsung comot!! :D

Pasca beli, gak langsung baca. Bukannya gak menarik, tapi masih banyak buku yang harus dibaca. Pas, ngawas TO hari pertama, pelajaran Bahasa Indonesia, daripada bengong kayak sapi ompong, akhirnya baca buku ini. Gak sabar, sekitar dua jam ngawas, buku ini langsung tamat!

Buku ini benar-benar menggoda untuk dibaca. Pertama, liat donk judulnya yang ciamik. Kedua, ilustrasinya juga gak kalah ciamik. Ketiga, ya jelas isinya yang keren banget, terutama buat yang suka sejarah dan berbau-bau mitologi.

Bangsa Yunani, yang telah hidup sejak jutaan tahun yang lalu, memiliki cerita-cerita menakjubkan mengenai dewa-dewi, monster, dan pahlawan-pahlawan perkasa. Mereka meyakini bahwa dewa-dewi hidup di sekitar mereka; di padang rumput dan hutan rimba, di samudra, di bawah tanah, dan istana-istana nan indah di lereng Gunung Olimpus.

Kadang kala dewa dan dewi ini menampakkan dirinya dan terkadang tidak. Mereka bisa menjadi sangat baik hati dan begitu penolong bagi orang-orang yang mereka sukai, tetapi mereka juga bisa menjadi kejam dan penuh kebencian, menipu, dan muncul di saat yang paling tidak diharapkan.

Dalam epik mitologi Yunani yang penuh keajaiban ini, manusia biasa terjebak dalam kejadian-kejadian luar biasa, orang-orang bodoh dan jahat akan mendapatkan hukuman, sementara para pemberani akan mendapatkan anugerah yang besar. Mari kita baca dan nikmati kisah-kisah kuno yang menakjubkan ini. (◕‿-)

Ada enam belas cerita mitologi yunani yang dikupas di sini, favorit saya:

Kotak Pandora --> kita sering mendengar istilah Pandora. Sebenarnya apa itu kotak Pandora? Umat manusia akan merasakan segala jenis penderitaan, tetapi karena memiliki harapan, mereka tidak akan pernah putus asa. (hlm. 11)

Kisah Arakhne --> Athena yang iri mengutuknya. Dia menepuk bahu Arakhne dengan lembut. Gadis itu jatuh ke lantai. Semua orang melihat dengan tatapan ngeri ketika dia menciut menjadi gumpalan hitam, ditumbuhi delapan kaki, dan berlari menuju sudut yang gelap. Athena mengubah Arakhne menjadi laba-laba. Sejak saat itu, Arakhne dan keturunannya membuat tenunan-tenunan yang sangat indah. Kalian bisa melihatnya di sudut-sudut yang berdebu atau berkilau saat ditempa embun pagi. Coba tengok sudut rumahmu? Adakah gumpalan-gumpalan disudutnya? Jangan-jangan Arakhne sedang mengawasimu! (^,[o]

Sayangnya, saya tidak menemukan cerita Hermes yang menjadi tokoh utama. Hanya sebagai ‘pemeran figuran’ dibeberapa cerita. Dan apa saja empat belas cerita lainnya?!? Beli, baca, dan nikmati sendiri cerita-cerita mitologi Yunani ini…(y)ˆ⌣')(y)

Keterangan Buku:

Judul : Mitologi Yunani: Kumpulan Kisah Paling Terkenal dari Yunani

Penerjemah : Diah Kartini Lasman

Penyunting : Jarvi Kurnia Lestari

Redesain : Maria Theresa

Penerbit : PT Bhuana Ilmu Populer

Terbit : 2011

ISBN : 978-979-074-799-9

Sebelum Astronot, ada Argonot.

No comments:

Berita Antar Dunia

Pusat Berita Dunia-Dunia