Selamat Datang, Para Penjelajah!

Bersiaplah untuk menjelajahi dunia ciptaan imajinasi dari para pencipta dunia dari Indonesia. Dunia-dunia penuh petualangan, keajaiban dan tentunya konflik antara kebaikan dan kejahatan. Maju terus para penulis fantasi Indonesia! Penuhi Takdirmu!

Fantasy Worlds Indonesia juga adalah blog resmi dari serial novel, komik, game dan multimedia FireHeart dan Evernade karya Andry Chang yang adalah versi Bahasa Indonesia dari NovelBlog berbahasa Inggris Everna Saga (http://fireheart-vadis.blogspot.com) dan FireHeart Saga (http://fsaga.blogspot.com)

Rubrik Utama Fantasindo

29 August 2014

Mitospedia Vedic: Garudeya dan Avatar Kalki


Mitospedia Veda
AWATARA KESEPULUH – KALKI AWATARA

“Aku adalah waktu, penghancur besar dunia-dunia.”
(Bhagavad-gita 11.23)

Nama lain : Kalkin, Kalaki
Arti Nama : Keabadian, Masa / Zaman, Penghancur Kejahatan
Ras : Manusia Awatara, Awatara Wisnu
Senjata : Pedang (Astra Parabrahman)
Wahana : Devadatta (Kuda Putih)
Masa Kemunculan : Akhir Kali Yuga
Lawan utama : Kali

Halo Fantasianers, kali ini kita akan membahas tentang awatara terakhir Batara Wisnu. Awatara ini belum muncul, dan dipercayai baru akan muncul di akhir zaman nanti . Nama Awatara ini adalah Kalki, Sang Penunggang Kuda. Punya kemiripan karateristik dengan Empat Penunggang Kuda Akhir Zaman (https://www.facebook.com/LCDP.Official/photos/a.809697932376305.1073741837.307835652562538/851217584891006/?type=3&theater ), terutama penunggang kuda pertama (Penakluk) dan penunggang kedua (Perang).

==RAMALAN KELAHIRAN==
“Setelah itu, menjelang pergantian dua yuga (Kali Yuga dan Satya Yuga),
Tuhan Pencipta alam semesta akan menjelma sebagai Kalki dan
menjadi putra Vishnuyasha. Pada waktu itu, para penguasa di bumi
ini telah merosot menjadi perampas semata.”
(Bhagavata-purana, 1.3.25)

Kalki diramalkan akan lahir pada akhir masa Kali Yuga. sesuai dengan kepercayaan Sanatana Dharma (Hinduisme) soal siklus yang selalu berulang, Kali Yuga (Zaman Ketidakbenaran) akan kembali berganti menjadi Satya Yuga (Zaman Keemasan) dan adalah tugas Kalki untuk merestorasi zaman Kali menjadi zaman Satya.

Kalki diramalkan akan lahir di sebuah tempat bernama Shambala. Apakah ini adalah nama tempat yang sudah ada ataukah tempat ini belum ada, tidak bisa dipastikan. Orangtua Kalki sendiri diramalkan akan bernama Vishnuyasha, seorang brahmana.

==BERGURU PADA PARASURAMA==

Awatara keenam Wisnu, yakni Parasurama (https://www.facebook.com/LCDP.Official/photos/a.831363553543076.1073741838.307835652562538/859581364054628/?type=3&theater) adalah seorang Chiranjiwin – kaum abadi. Ia berumur panjang dan akan hidup sampai akhir Kali Yuga. Pada masa ini, Parasurama akan turun gunung dan akan menjadikan Kalki muridnya serta akan membantu Kalki melakukan suatu lelaku guna mendapatkan senjata pedangnya.

==TUGAS==
Hampir semua Raja/Kepala/Pejabat negara, adalah orang-orang tidak beradab. Mereka serakah, berwatak keras dan pemarah, mengabdi pada kepalsuan dan kebatilan.
(Bhagavata Purana 12.1.38).

Kalki akan menunggangi kuda putih bernama Devadatta dan dengan astra berwujud pedang, pemberian Siwa, Kalki akan melakukan hal yang agak mirip dengan Parasurama : pembantaian massal. Bedanya yang ia bantai sekarang bukan hanya raja-raja, tapi juga orang-orang batil dari golongan lainnya (brahmana juga termasuk ).

Konon jiwa-jiwa yang dibunuh oleh Kalki akan langsung terbebas dan mencapai tingkat kesadaran yang umumnya dicapai pertapa setelah matiraga selama bertahun-tahun. Karena itu jiwa-jiwa yang dibunuh oleh Kalki tidak akan ‘diperam’ oleh Yama di Naraka melainkan langsung bersatu dengan Atman (Kesatuan Jiwa).

Pembantaian massal itu akan berhenti setelah nyaris seluruh penduduk muka bumi punah. Kalki hanya akan menyisakan sedikit orang benar untuk memulai abad baru. Ia sendiri akan menjadi raja di sebuah tempat dan setelah Kali Yuga benar-benar berakhir, Kalki akan kembali ke Vaikuntha.

==KALI==
Ada dua ‘Kali’ dalam mitologi Sanatana Dharma. Yang pertama adalah Dewi Kali atau Kaali atau Durga yang merupakan shakti – pasangan Siwa, sementara yang kedua adalah Iblis Kali, Asura terkuat yang menguasai ‘waktu’. Asura Kali inilah yang dipercaya menguasai Kali-Yuga (Zaman Kali, abad kegelapan, abad ketidakadilan). Dalam satu versi Pasukan Kalki dan pasukan Kali konon akan bertemu dan bertarung. Ketika Kali terdesak, ia akan melarikan diri ke dalam istananya dan akan menghilang dalam pusaran waktu, menuju Kali Yuga berikutnya. Kalki pun belum bisa membunuh Kali dalam pertempuran nanti.

==TRIVIA==
• Tunggangan Kalki, Devadatta, punya nama yang mirip dengan bhikku sekaligus sepupu Siddharta yang memecah sangha yang didirikan Buddha (lhat : https://www.facebook.com/LCDP.Official/photos/a.831363553543076.1073741838.307835652562538/877955122217252/?type=3&theater ).
• Kalki adalah satu-satunya Awatara Wisnu yang memiliki tunggangan spesifik, yang tidak dimiliki awatara-awatara lainnya.







Mitospedia Veda
GARUDEYA – WAHANA WISNU

Nama Lain : Garuda, Sitānana, Rakta-pakṣa, Śweta-rohita, Sarpārāti, Wiṣṇuratha, Surendrajit, Gaganeshwara.
Arti Nama : Pengganyang / Penggasak (Garuda), Sayap Merah (Rakta-pakṣa), Sayap Merah-Putih (Śweta-rohita), Musuh Para Ular (Sarpārāti), Penakluk Indra (Surendrajit), Raja Langit (Gaganeshwara)
Ras : Garuda, Wahana, Upadevata
Pasangan : Unnati / Wiyanaka
Realms : Vaikuntha atau Swargaloka
Peran : Wahana Dewa Wisnu, Penjaga Vaikuntha.
Lawan Utama : Naga (Anak-Anak Kadru)

Garudeya atau Garuda adalah nama seorang dari dua anggota ras Garuda pertama (yang satunya bernama Aruna). Dalam suatu versi, ia dikatakan merupakan ayah dari Sempati (burung raksasa yang menunjukkan arah kepergian Rahwana kepada Hanoman dalam epos Ramayana). Garudeya biasa digambarkan sebagai sosok makhluk manusia bertubuh emas, bersayap merah (dan putih) atau emas, berkepala burung dengan paruh mirip elang, serta kaki dan tangan yang mirip cakar burung pemangsa.

==KELAHIRAN==
Garuda adalah putra dari Rsi Kashyapa dan istrinya Vinata, dan anehnya dia tidak lahir dalam bentuk janin, tapi berwujud telur yang wajib Vinata jaga sampai benar-benar menetas. Vinata sendiri menjaga dua telur sementara saudarinya – Kadru – menjaga 100 butir telur. Dari telur-telur yang dijaga Kadru, menetaslah 100 naga – makhluk berwujud ular kobra berkepala banyak, sementara telur yang dijaga Vinata belum menetas juga.

Vinata lalu punya pemikiran konyol : beranggapan bahwa cangkang telur calon anaknya ini terlalu tebal dan akhirnya memecahkan paksa salah satu telurnya. Hasilnya? Anak yang ada di dalam telur itu keluar dalam keadaan cacat, tanpa kaki. Nama anak itu Aruna dan dia sebenarnya juga Garuda – tapi cacat. Aruna marah dan akhirnya pergi meninggalkan ibunya, terbang ke kahyangan dan mengabdi pada Batara Surya.

Antara Vinata dan Kadru sendiri terjadi persaingan dan suatu ketika Kadru mengajak Vinata bertaruh dan ketika Vinata kalah, Vinata harus menjadi budak Kadru dan anak-anaknya. Garudeya sendiri menetas sesaat sebelum Kadru kalah bertaruh.

==MENCURI AMERTA==
Tidak ada budak yang hidupnya enak dan kebanyakan anak tidak suka melihat ibunya hidup menderita. Garudeya juga sama. Tapi mengamuk pada naga dan ibu mereka – Kadru – juga bakal membuatnya dalam masalah karena mereka semua masih berlindung pada ayahnya Kashyapa.

Maka dari itu, Garudeya menghampiri Kadru dan 99 naga (1 naga sudah memisahkan diri, namanya Ananta Sesa) dan menanyakan apa yang bisa ia lakukan supaya mereka mau membebaskan ibunya. Kadru menyadari bahwa meski perkasa, anak-anaknya ini tidak abadi. Karena ingin memberikan keabadian pada para naga, Kadru mensyaratkan Garudeya untuk pergi ke kahyangan dan mengambil Tirta Amerta dari para dewa. Garudeya setuju dan akhirnya pergi ke kahyangan.

Pada saat itu para dewa telah melindungi tirta amerta dengan 3 lapis perlindungan :
• Lapis pertama : Cincin api Batara Agni.
• Lapis kedua : Roda-roda gerigi (cakram bergerigi) raksasa
• Lapis ketiga : Dua ular raksasa beracun.

Sepertinya mustahil menembusnya, tapi Garudeya nekat. Ia diceritakan menembus cincin api menghajar Batara Agni sampai apinya padam, lalu melintasi mekanisme cakram bergerigi itu dengan lincahnya, dan pada akhirnya berhadapan dengan dua monster penjaga berwujud ular raksasa itu.

Singkat cerita, Garudeya berhasil mengalahkan dua penjaga itu dan keluar membawa tirta amerta dalam kendi. Indra, yang tahu ada pencuri yang menerobos masuk, langsung menghadang Garudeya dengan seluruh kekuatan kahyangan. Tapi Garudeya memporakporandakan barisan pasukan kahyangan bahkan sempat merusak bajra (tongkat petir) milik Indra lalu kabur.

==MENGABDI PADA WISNU==
Wisnu kemudian menghadang Garudeya di tengah jalan. Hasil penghadangan ini terbagi menjadi dua versi :
• Wisnu menawarkan keabadian pada Garudeya dengan imbalan Garudeya mau menjadi wahana (tunggangan) bagi Wisnu serta mengembalikan tirta amerta pada para dewa. Garudeya menyanggupinya.
• Wisnu bertengkar dengan Garudeya. Setelah adu otot sekian lama tanpa ada yang menang ataupun kalah, Garudeya yang tidak sabaran akhirnya mengajukan syarat bahwa ia bersedia melakukan apapun yang Wisnu minta asalkan Wisnu mau minggir. Wisnu kemudian mensyaratkan Garudeya menjadi wahananya dan mau mengembalikan tirta amerta ke kahyangan.

Apapun versinya, yang jelas Garudeya kemudian membawakan kendi berisi tirta amerta ke hadapan para naga. Ketika para naga sibuk merayap ke arah kendi itu, Garudeya melesat dan membebaskan ibunya lalu melesat sekali lagi dan membawa kendi air itu kembali kahyangan. Tapi satu tetes amerta jatuh ke tanah dan para naga rakus kemudian berebut menjilatinya dengan rakus. Mereka mendapatkan keabadian tapi sejak saat itu lidah mereka dan keturunannya menjadi bercabang.

Pasca mengembalikan tirta amerta, Garudeya terbang menuju Vaikuntha – kediaman Wisnu – dan sejak saat itu menjadi wahana Wisnu. Meski begitu, sesekali Garudeya turun ke bumi untuk membantai naga dan ular (keturunan naga).

==DALAM RAMAYANA DAN MAHABARATHA==
Dalam Ramayana, Garudeya turut turun membantu Rama ketika Indrajit memakai Astra Nagastra untuk melumpuhkan Rama dan Laksmana. Kehadiran Garudeya, membuat efek Nagastra yakni memanggil ribuan ular, sirna. Salah satu versi Ramayana juga menyatakan Rama kemudian menunggangi Garudeya ketika melawan Rahwana.

Epos Mahabaratha sendiri hanya menuliskan silsilah Garudeya.

==GARUDA DAN YAMA==
Garudeya kadang terlalu peduli pada nasib ras burung. Ketika suatu waktu Yama – dewa kematian – bertandang ke Vaikuntha, sang dewa kematian menatap seekor burung kecil lekat-lekat sebelum turun dari tunggangannya dan memasuki Vaikuntha.

Cemas akan nasib si burung kecil karena biasanya makhluk apapun yang ditatap Yama akan menemui ajalnya, Garudeya membawa si burung kecil itu ke sebuah hutan yang letaknya jauh sekali dari tempat asalnya lalu meninggalkannya di sana dan kembali ke gerbang yang harus ia jaga. Ketika Yama keluar lagi dari Vaikuntha, si dewa kematian menatap bingung ke arah cabang tempat burung tadi bertengger.

Garudeya : “Mencari apa Batara Yama?”
Yama : “Kok burungnya hilang?”
Garudeya : “Oh iya, ya. Kok hilang ya?”
Yama: “Dan oh, ya ampun. Tadi aku heran sekali pada nasib si burung itu. Aku tadi melihat dia akan disambar elang di hutan yang letaknya ribuan depa dari sini. Tapi dia kan ada di sini, nggak mungkin kan dia bisa sampai ke hutan itu dalam hitungan menit?”
Garudeya : #$%^#$#%$@#!!!!$@#$#!! (Reaksi sebenarnya tidak tercatat )

==TRIVIA==
• Kakak Garudeya, Aruna, kelak akan menurunkan Jatayu (dan Sempati). Keturunan Aruna dan Garudeya kelak juga disebut ras Garuda.
• Meski memusuhi para naga, Garudeya tidak pernah mengusik tiga ekor naga yakni: Ananta Sesa, Kaliya, dan Antaboga.
• Wisnu dan Siwa tampaknya punya kecenderungan merekrut makhluk-makhluk ‘berbahaya’ sebagai abdi mereka, tapi abdi-abdi ‘berbahaya’ Wisnu lebih sering tampil dan bikin kehebohan daripada abdi-abdi Siwa.
• Garuda dijadikan simbol dua negara yakni Thailand dan Indonesia. Di Thailand, wujud Garudanya adalah separuh manusia-separuh burung, sementara di Indonesia wujud Garuda mengadaptasi wujud elang jawa – yang agak mirip penggambaran Jatayu dan Sempati.


Semua artikel ini bersumber dari:
Facebook Page Le Chateau de Phantasm
https://www.facebook.com/LCDP.Official

No comments:

Berita Antar Dunia

Pusat Berita Dunia-Dunia