Selamat Datang, Para Penjelajah!

Bersiaplah untuk menjelajahi dunia ciptaan imajinasi dari para pencipta dunia dari Indonesia. Dunia-dunia penuh petualangan, keajaiban dan tentunya konflik antara kebaikan dan kejahatan. Maju terus para penulis fantasi Indonesia! Penuhi Takdirmu!

Fantasy Worlds Indonesia juga adalah blog resmi dari serial novel, komik, game dan multimedia FireHeart dan Evernade karya Andry Chang yang adalah versi Bahasa Indonesia dari NovelBlog berbahasa Inggris Everna Saga (http://fireheart-vadis.blogspot.com) dan FireHeart Saga (http://fsaga.blogspot.com)

Rubrik Utama Fantasindo

14 September 2014

Monstropedia Everna: Dwarf dan Gnome


 
MONSTROPEDIA EVERNA
Ras-Ras Fantastik dari Mitologi Nordik
 
DWARF DAN GNOME

Halo Fantasianers, beberapa minggu ini ada posting #Worldlore tentang Warhammer Universe. Salah satu ras dalam Warhammer Universe ini adalah dwarf. Tapi di dunia yang kita tinggali ini, ada juga satu kelompok orang kerdil yang disebut sebagai gnome. Kali ini kita akan membahas asal-muasal Dwarf dan Gnome berdasarkan mitologi aslinya.

==DWARF==
Kata Dwarf berasal dari bahasa Norse kuno “dvegr”, Inggris kuno “dweorg”, dan Jerman kuno “gitwerc” atau “zwerc”. Dalam mitologi Jerman, mereka adalah makhluk humanoid yang hidup di pegunungan atau di bawah tanah serta digambarkan amat bijak. Mereka ahli membuat senjata, kerajinan, dan menambang bahan-bahan tambang. Terkadang ada juga yang menjadi ahli dalam bidang botani.

Makhluk bernama dwarf ini pertama kali muncul dalam Sajak Edda. Pada mulanya dwarf adalah semacam belatung yang hidup di dalam daging Ymir – sang raksasa primordial. Makhluk ini kemudian diberi anugerah untuk berpikir (akal budi) oleh 3 Æsir pertama yakni Odin, Vili, dan Ve. Makhluk ini kemudian berubah menjadi sosok mirip manusia (tapi pendek) yang lazim disebut dwarf. Rupa mereka pendek dan konon wajahnya tidak terlalu enak dipandang, tapi lumayan bersahabat dengan manusia.

==GNOME==
Makhluk ini kita biasanya kita kenal lewat media patung kurcaci taman . Gnome mulai dikenal pada periode Renaissance (abad 14), juga digambarkan sebagai makhluk mirip manusia tapi pendek yang hidup di bawah tanah. Penggagas nama gnome sendiri adalah seorang dokter Renaissance berkebangsaan Jerman-Swiss bernama Paraclsus. Namanya sendiri berasal dari bahasa Latin “gnomi” dan punya arti “yang tinggal di bawah bumi.” Berbeda dengan dwarf yang lebih terbuka dengan manusia, gnome agak malas berinteraksi dengan manusia. Gnome juga dideskripsikan bisa menyatu dengan tanah, mereka bisa berjalan menembus tanah sama mudahnya seperti kita berjalan menembus lapisan udara.

==PERBANDINGAN==
1. Gnome berasal dari masa Renaissance sementara dwarf berasal dari mitologi Norse, dengan kata lain usia mitologi dwarf lebih tua daripada gnome.
2. Baik gnome maupun dwarf digambarkan sebagai makhluk mirip manusia, bertubuh pendek, dan meripakan makhluk mistik.
3. Gnome hanya tinggal di bawah tanah, tapi dwarf tidak selalu tinggal di bawah tanah. Pada kenyataanya sebagian besar dwarf tinggal di hutan belantara dan pegunungan.
4. Gnome tidak suka berinteraksi dengan manusia, sementara dwarf lumayan terbuka dengan manusia
5. Dwarf adalah makhluk bijak yang menjadi favorit para dewa.
6. 7 kurcaci dalam cerita Putri Salju sebenarnya adalah dwarf, tapi sejak cerita ini diangkat ke layar lebar oleh Walt Disney, gnome kemudian diidentikkan dengan dwarf.

http://www.differencebetween.net/miscellaneous/culture-miscellaneous/differences-between-a-gnome-and-a-dwarf/

http://en.wikipedia.org/wiki/Paracelsus
 
Sumber artikel ini: Facebook Page Le Chateau de Phantasm

No comments:

Berita Antar Dunia

Pusat Berita Dunia-Dunia