Selamat Datang, Para Penjelajah!

Bersiaplah untuk menjelajahi dunia ciptaan imajinasi dari para pencipta dunia dari Indonesia. Dunia-dunia penuh petualangan, keajaiban dan tentunya konflik antara kebaikan dan kejahatan. Maju terus para penulis fantasi Indonesia! Penuhi Takdirmu!

Fantasy Worlds Indonesia juga adalah blog resmi dari serial novel, komik, game dan multimedia FireHeart dan Evernade karya Andry Chang yang adalah versi Bahasa Indonesia dari NovelBlog berbahasa Inggris Everna Saga (http://fireheart-vadis.blogspot.com) dan FireHeart Saga (http://fsaga.blogspot.com)

Rubrik Utama Fantasindo

19 December 2008

Arsip - Saya Ikut Workshop Penulis (Elex-Indosiar)


Berita lengkap: http://www.indosiar.com/news/anda-perlu-tahu/77397/cara-kreatif-mendesain-buku.

Sabtu, 13 Desember 2008, Indosiar.com bekerjasama dengan PT. Elex Media komputindo, Penerbit dan Multimedia dari Gramedia Group, mengadakan Workshop Penulisan Buku dengan tema "Cara Kreatif Mendesain Buku".

Saya juga hadir di sana, dan banyak mendapat masukan terutama dalam hal teknik-teknik menggali ide penulisan buku dan "mind mapping", memaksimalkan kemampuan mesin asosiasi otak kita untuk menghasilkan ide baru yang orisinil. Walaupun hal-hal lain yang saya cari di workshop ini terutama teknik2 penulisan novel fiksi "show, don't tell" dan sebagainya (karena memang temanya bukan itu), teknik pengembangan ide cerita ini benar-benar menjadi masukan yang sangat berharga, yang akan saya terapkan dalam karya-karya saya selanjutnya.

Semoga akan lebih banyak lagi kegiatan-kegiatan workshop seperti ini yang niscaya akan menelurkan hasil kreasi yang maksimal, dan sekaligus mengharumkan nama bangsa.

No comments:

Berita Antar Dunia

Pusat Berita Dunia-Dunia