Selamat Datang, Para Penjelajah!

Bersiaplah untuk menjelajahi dunia ciptaan imajinasi dari para pencipta dunia dari Indonesia. Dunia-dunia penuh petualangan, keajaiban dan tentunya konflik antara kebaikan dan kejahatan. Maju terus para penulis fantasi Indonesia! Penuhi Takdirmu!

Fantasy Worlds Indonesia juga adalah blog resmi dari serial novel, komik, game dan multimedia FireHeart dan Evernade karya Andry Chang yang adalah versi Bahasa Indonesia dari NovelBlog berbahasa Inggris Everna Saga (http://fireheart-vadis.blogspot.com) dan FireHeart Saga (http://fsaga.blogspot.com)

Rubrik Utama Fantasindo

18 November 2015

MONSTROPEDIA Makhluk-Makhluk Kegelapan Legendaris 02 - PNFI



MONSTROPEDIA Makhluk-Makhluk Kegelapan Legendaris
Sumber: Grup Penggemar Novel Fantasi Indonesia di Facebook
Creature of the Month - October 2015 – Undead
https://m.facebook.com/shandy.humus/albums/440738156121458/?refid=13


[Zombie] [Haiti]
Menurut kepercayaan, zombie dibuat oleh dukun ilmu hitam, sehingga zombie di bawah kendali majikannya. Zombie adalah manusia dengan roh yang sudah dicuri melalui cara supranatural. Dahulu, zombie digunakan sebagai budak dukun di Haiti dan Karibia.
Zombie yang digambarkan adalah sosok pendiam, dingin, dan tanpa ekspresi.

[Vampire] [Europe]
Seperti yang sudah diketahui, vampir adalah makhluk penghisap darah makhluk hidup lain. Istilah vampir sendiri baru mulai populer pada abad ke-18 setelah legenda vampir menyebar dari Eropa Timur ke Eropa Barat. Mitos daratan Eropa menggambarkan vampir memiliki tubuh membengkak dan berwarna merah-gelap. Walau sudah dikubur, mayat yang menjadi vampir tetap mengalami pertumbuhan gigi, kuku, dan rambut.
Dalam penyebarannya ke berbagai daerah, muncul kata ‘vampiric’ yang menjadi istilah makhluk-makhluk dengan ciri menghisap darah.
Di Rusia memiliki kepercayaan bahwa vampir adalah manusia atau penyihir yang semasa hidupnya menentang geraja. Untuk melindungi diri dari vampir, bisa menggunakan bawang putih, salib, rosario, maupun air suci. Kepercayaan Eropa juga menyebutkan, biji sesawi dapat menjauhkan vampir kalau ditaburkan di atap rumah. Untuk membunuh vampir, tiap daerah memiliki cara tersendiri. Di Rusia, menggunakan tanaman Ash, di Serbia menggunakan tanaman Hawthorn, dan di Silesia menggunakan tumbuhan ek. Ada juga mitos bahwa vampir harus ditusuk di jantungnya, tapi ada juga yang menusuk mulutnya. Di Jerman, kepala vampir malah perlu dipenggal dan dikuburkan terpisah dari tubuhnya. Di beberapa daerah memiliki istilah lain untuk vampir lokal, seperti Vrykolakas di Yunani dan Strigoi di Romawi.


[Tokoloshe] [African]
Tokoloshe adalah makhluk kecil tidak berakal budi yang dipercaya hidup di daratan Afrika, terutama Afrika Selatan. Makhluk ini diciptakan dari mayat-mayat oleh shamen atau dukun. Dukun biasanya membuat Tokoloshe sebagai kutukan untuk seseorang karena merasa tersinggung oleh orang tersebut. Hanya orang yang dikutuklah yang bisa melihat tokoloshe. Walaupun tokoloshe berukuran seperti anak kecil, makhluk ini mampu membuat kerusakan besar dengan mudah. Menurut kepercayaan kuno, ada suatu cara untuk menangkal serangan tokoloshe terhadap diri si penyandang kutukan. Cara itu sederhana, yaitu duduk di atas ranjang yang kaki-kaki ranjangnya harus dipasang di atas batu bata yang dibungkus kertas bekas. Tentu saja cara ini hanya mencegah tokoloshe menyerang si penyandang kutukan. Cara ini tidak mencegah tokoloshe merusak sekeliling, seisi rumah, dan harta benda.



[Jenglot] [Indonesian and Malaysian]
Jenglot memiliki ukuran yang kecil dan hanya keluar saat malam hari. Makhluk peminum darah ini diyakini memiliki kekuatan mistis dan mengundang bencana. Karena daya mistis yang dimiliki jenglot, orang-orang tertentu akan memeliharanya untuk tujuan tertentu juga. Sebuah kepercayaan mengatakan, jenglot pada ribuan tahun yang lalu adalah seorang petapa yang mempelajari ilmu keabadian. Dalam prosesnya, petapa menjadi emosional dan merasa sebagai yang terhebat. Tubuhnya menyusut hingga seukuran telapak tangan orang dewasa. Empat taring memanjang tidak sebanding dengan lebar mulutnya. Kepercayaan lain juga mengatakan jenglot berasal dari petir.yang ditangkap tiga orang wali. Status jenglot juga diperdebatkan sebagai makhluk hidup atau benda mati (mayat hidup).

No comments:

Berita Antar Dunia

Pusat Berita Dunia-Dunia