Selamat Datang, Para Penjelajah!

Bersiaplah untuk menjelajahi dunia ciptaan imajinasi dari para pencipta dunia dari Indonesia. Dunia-dunia penuh petualangan, keajaiban dan tentunya konflik antara kebaikan dan kejahatan. Maju terus para penulis fantasi Indonesia! Penuhi Takdirmu!

Fantasy Worlds Indonesia juga adalah blog resmi dari serial novel, komik, game dan multimedia FireHeart dan Evernade karya Andry Chang yang adalah versi Bahasa Indonesia dari NovelBlog berbahasa Inggris Everna Saga (http://fireheart-vadis.blogspot.com) dan FireHeart Saga (http://fsaga.blogspot.com)

Rubrik Utama Fantasindo

18 November 2015

MONSTROPEDIA Makhluk-Makhluk Kegelapan Legendaris 01 - PNFI



MONSTROPEDIA Makhluk-Makhluk Kegelapan Legendaris
Sumber: Grup Penggemar Novel Fantasi Indonesia di Facebook
Creature of the Month - October 2015 - Undead
https://m.facebook.com/shandy.humus/albums/440738156121458/?refid=13


[Jawzahr]
Jawzahr adalah naga dari mitologi negara-negara Islam, yang pertama kali muncul dalam legenda Persia (sekarang adalah Iran). Menurut kepercayaan pada masa Persia Kuno, gerhana terjadi ketika Jawzahr menelan Mahatari atau Bulan. Jawzahr mengejar Matahari dan Bulan di langit dan melahap mereka dalam interval waktu tertentu. Naga ini memimpin pasukan roh jahat serta sangat licik dan selalu ingin tahu.
Suatu hari, Jawzahr menyamar menjadi dewa dan meminum ramuan kehidupan abadi para dewa. Matahari dan Bulan melihat semua itu dan melaporkan perbuatan Jawzahr pada para dewa. Jawzahr akhirnya dipenggal dengan lemparan cakram, namun dia tetap hidup walau kepalanya putus karena telah meminum ramuan kehidupan abadi.
Jawzahr marah pada Matahari dan Bulan. Selamanya, ia mengejar Matahari dan Bulan, melahap mereka setiap berhasil menangkap mereka. Setiap terjadi gerhana, berarti Jawzahr berhasil melahap salah satunya. Sementara ekornya bersinar ketika melintasi langit malam dan diyakini sebagai komet.


[Revenant] [Western Europe]
Revenant diyakini bangkit dari kuburan untuk meneror mereka yang masih hidup. Revenant adalah makhluk yang dulunya adalah manusia yang sering berbuat kejahatan. Dipercayai, bila ada penyebaran penyakit di antara manusia, penyebabnya adalah revenant. Maka, para warga setempat akan melakukan beberapa prosedur, mulai dari menggali keburan revenant, dipenggal kepala, pemisahan jantung, hingga dibakar. Dalam beberapa cerita rakyat, revenant juga meminum darah dari kaum hidup.



[Draugr] [Norse]
Draugr disebut juga aptrganga atau aptrgangr. Makhluk ini adalah kebangkitan dari jasad ksatria untuk menyerang mereka yang masih hidup. Sedikit berbeda dengan revenant, draugr memiliki kekuatan supernatural dan kemampuan memperbesar diri. Korban-korban draugr sering disiksa sebelum mati, seperti diremukan dengan ukurannya yang sudah diperbesar, meminum darah korbannya, membuat korbannya menjadi gila sebelum dibunuh, dilahap perlahan-lahan per bagian tubuh, hingga ditelan bulat-bulat.


[Mummy] [Egypt]
Mummy adalah mayat yang diawetkan. Mummy juga bisa menjadi istilah bagi mayat yang hidup kembali dalam mitos. Makhluk ini digambarkan dililit perban dan berjalan lambat.



[Jiang Shi] [China]
Dari namanya, Jiang Shi berarti mayat kaku. Jiang Shi dideskripsikan sebagai mayat hidup dengan pakaian pemerintah dari Dinasti Qing. Jiang Shi membunuh makhluk lain dengan menghisap ‘Qi’ (aura hidup) milik mereka. Mayat hidup ini bergerak dengan melompat-lompat dan tangannya terentang. Cara-cara menghindari dan mengalahkan Jiang Shi sama seperti yang dipaparkan di film atau sebagainya. Untuk menghindarinya, cukup tidak bernapas. Kalau mau menghentikan pergerakannya, bisa dengan menempelkan kertas kuning berisi mantra. Ketan putih mentah yang dilemparkan ke Jiang Shi diyakini dapat membakar makhluk itu.

No comments:

Berita Antar Dunia

Pusat Berita Dunia-Dunia