Selamat Datang, Para Penjelajah!

Bersiaplah untuk menjelajahi dunia ciptaan imajinasi dari para pencipta dunia dari Indonesia. Dunia-dunia penuh petualangan, keajaiban dan tentunya konflik antara kebaikan dan kejahatan. Maju terus para penulis fantasi Indonesia! Penuhi Takdirmu!

Fantasy Worlds Indonesia juga adalah blog resmi dari serial novel, komik, game dan multimedia FireHeart dan Evernade karya Andry Chang yang adalah versi Bahasa Indonesia dari NovelBlog berbahasa Inggris Everna Saga (http://fireheart-vadis.blogspot.com) dan FireHeart Saga (http://fsaga.blogspot.com)

Rubrik Utama Fantasindo

27 June 2014

Legendopedia: Empat Penunggang Kuda Akhir Zaman



EMPAT PENUNGGANG KUDA AKHIR ZAMAN
Ditemui pada : Kitab Wahyu
Anggota : Penunggang Kuda Putih (Penakluk / Wabah), Penunggang Kuda Merah (Perang), Penunggang Kuda Hitam (Kelaparan), dan Penunggang Kuda Pucat / Hijau Pucat (Maut)
Ras : ?????

==GAMBARAN UMUM==
Dalam agama Nasrani, ada kitab terakhir dari deretan kitab Perjanjian Baru yang disebut dengan Kitab Wahyu (dalam bahasa Inggris disebut ‘Revelation’). Kitab ini menceritakan tentang ramalan akhir zaman dan di dalamnya menceritakan tentang kehadiran empat penunggang kuda yang akan muncul di akhir zaman.
Dikisahkan ada sebuah buku (atau gulungan perkamen) yang dipegang oleh Tuhan di tangan kanan-Nya. Buku (atau gulungan) ini disegel dengan tujuh meterai. Empat segel pertama akan dibuka oleh Anak Domba atau Singa Yehuda – sebuah gelar yang merujuk pada Isa (atau Yesus) – dan setiap segel akan memanggil satu dari keempat penunggang kuda ini.

==PENUNGGANG PERTAMA : PENAKLUK / WABAH==
"Dan aku melihat: sesungguhnya, ada seekor kuda putih dan orang yang menungganginya memegang sebuah panah dan kepadanya dikaruniakan sebuah mahkota. Lalu ia maju sebagai pemenang untuk merebut kemenangan."
(Wahyu 6 : 2)
Segel pertama yang dilepas akan mendatangkan si penunggang kuda putih ini. Banyak interpretasi yang beredar mengenai apa peranan si penunggang satu ini. Ada yang mengatakan ia adalah Mesias yang datang kembali di akhir zaman. Namun kebanyakan ahli sejarah dan kitab suci Nasrani berpendapat bahwa ayat-ayat tersebut mengintepretasikan sesuatu kehadiran yang dapat membuat sejumlah besar manusia takluk.
Ilmu pengetahuan modern menyebut sesuatu itu sebagai wabah penyakit. Penunggang kuda ini menunggangi kuda putih dan memakai mahkota di atas kepalanya. Ia dipercaya akan menyebarkan wabah penyakit di setiap penjuru bumi pada akhir zaman.
Beberapa ahli teologi punya pandangan lain soal penunggang ini. Kehadiran ‘Penakluk’ mereka tafsirkan sebagai kehadiran para atheis – mereka yang tidak percaya lagi akan kehadiran Tuhan.

==PENUNGGANG KEDUA : PERANG==
"Dan majulah seekor kuda lain, seekor kuda merah padam dan orang yang menungganginya dikaruniakan kuasa untuk mengambil damai sejahtera dari atas bumi, sehingga mereka saling membunuh, dan kepadanya dikaruniakan sebilah pedang yang besar."
(Wahyu 6 : 4)
Penunggang kedua adalah penunggang yang muncul setelah segel kedua dilepas. Penunggang ini menaiki kuda merah dan bersenjatakan sebilah pedang besar. Dikatakan bahwa kehadirannya di bumi akan membawa perang di mana-mana, karena itu ia lazim disebut sebagai : Perang.

==PENUNGGANG KETIGA : WABAH / KELAPARAN==
".....Dan aku melihat: sesungguhnya, ada seekor kuda hitam dan orang yang menungganginya memegang sebuah timbangan di tangannya. Dan aku mendengar seperti ada suara di tengah-tengah keempat makhluk itu berkata: ‘Secupak gandum sedinar, dan tiga cupak jelai sedinar. Tetapi janganlah rusakkan minyak dan anggur itu.’"
(Wahyu 6: 5b-6)
Timbangan yang dimaksud ini mirip dengan timbangan yang jadi simbol Pegadaian . Timbangan macam ini, pada masa-masa ketika kitab-kitab suci Nasrani ditulis lebih sering digunakan untuk menimbang bahan makanan. Karena itulah kehadiran penunggang yang satu ini sering diidentikkan dengan kelaparan.
Ada yang mengidentifikasi kehadirannya sebagai simbol penegakan keadilan. Tapi adanya kata-kata yang menyinggung soal bahan makanan rakyat jelata yang mengalami ‘inflasi’ tapi mempertahankan harga minyak (mungkin minyak zaitun) dan anggur yang notabene adalah barang konsumsi kalangan berduit pada masa itu membuat argumen bahwa penunggang ini bertugas mendatangkan kelaparan lebih masuk akal.
Penunggang ini menunggangi kuda hitam dan membawa sebuah timbangan. Sering pula digambarkan sebagai pria yang kurus kering.

==PENUNGGANG KEEMPAT : MAUT==
"Dan aku melihat: sesungguhnya, ada seekor kuda hijau kuning dan orang yang menungganginya bernama Maut dan Hades (kerajaan maut) mengikutinya. Dan kepada mereka diberikan kuasa atas seperempat dari bumi untuk membunuh dengan pedang, dan dengan kelaparan dan sampar, dan dengan binatang-binatang buas yang di bumi."
(Wahyu 6: 8)
Penunggang kuda terakhir yang tampaknya tugasnya adalah ‘mengkompilasi’ segala efek yang sudah dibawa teman-temannya. Kalau dunia sudah penuh wabah, dicabik perang, dan banyak terjadi kelaparan maka yang terjadi selanjutnya sudah pasti kematian kan?
Penunggang kuda yang satu ini digambarkan menaiki kuda pucat atau berwarna hijau-kekuningan. Sering digambarkan juga sebagai kerangka hidup yang membawa sabit. Penggambaran ini mungkin dipengaruhi dengan legenda Reaper (malaikat maut) yang hidup di masyarakat abad pertengahan dan Rennaissance.

==ADAPTASI KE MEDIA POPULER==
Beberapa insan dunia kreatif seperti novelis, komikus, dan produsen video game mengadaptasi Empat Penunggang Kuda Akhir Zaman ini ke dalam berbagai karya mereka. Baik dengan mengikuti legenda dan interpretasi kitab Wahyu maupun dengan sedikit modifikasi. Beberapa karya yang mengadaptasi mitos ini antara lain :
• Is Yuniarto, komikus Indonesia dengan karyanya KNIGHTS OF APOCALYPSE http://www.goodreads.com/book/show/6602383-knights-of-apocalypse-vol-1
• Vigil Games dengan video game Darksiders http://en.wikipedia.org/wiki/Darksiders
• Terry Pratchett dan Neil Gaiman dengan karya duet mereka : GOOD OMENS, yang menempatkan empat penunggang kuda ini sebagai parodi http://www.goodreads.com/book/show/12067.Good_Omens
• Eric Kripke dengan serial televisi SUPERNATURAL yang memunculkan Para Penunggang Kuda dengan versi lebih modern, di mana tunggangan kuda mereka diganti dengan mobil . http://en.wikipedia.org/wiki/Supernatural_%28U.S._TV_series%29

Sumber: Artikel di Facebook Le Chateau de Phantasm
https://www.facebook.com/LCDP.Official/posts/851218094890955:0

No comments:

Berita Antar Dunia

Pusat Berita Dunia-Dunia