Selamat Datang, Para Penjelajah!

Bersiaplah untuk menjelajahi dunia ciptaan imajinasi dari para pencipta dunia dari Indonesia. Dunia-dunia penuh petualangan, keajaiban dan tentunya konflik antara kebaikan dan kejahatan. Maju terus para penulis fantasi Indonesia! Penuhi Takdirmu!

Fantasy Worlds Indonesia juga adalah blog resmi dari serial novel, komik, game dan multimedia FireHeart dan Evernade karya Andry Chang yang adalah versi Bahasa Indonesia dari NovelBlog berbahasa Inggris Everna Saga (http://fireheart-vadis.blogspot.com) dan FireHeart Saga (http://fsaga.blogspot.com)

Rubrik Utama Fantasindo

18 October 2013

Mitospedia - Ra


RA - DEWA MATAHARI

Mitologi Mesir Kuno

Nama lain : Re, Atum-Ra, Amun-Ra, Kephri, Khnum, Ra-Horakhty, Raet-Tawy.

Aspek :
• Kephri – manusia berkepala kumbang scarab (pagi hari)
• Ra – manusia berkepala elang (siang hari)
• Atum – wujud manusia Ra (malam hari) atau
• Khnum – manusia berkepala biri-biri

Ra atau Re (baca: Rei) adalah dewa utama bangsa Mesir semenjak munculnya Firaun pertama hingga datangnya agama Kristen dari Roma. Ra adalah dewa matahari, pelindung Ma’at (keteraturan dan kebenaran), dan ayah semua dewa (semua dewa adalah anak atau cucu Ra).


-PENCIPTAAN-
Ra diceritakan lahir tanpa ibu tanpa ayah, ia entitas yang muncul dari dalam air Nun (lautan) dan bertumbuh menjadi sosok manusia raksasa bersinar keemasan. Ketika muncul untuk pertama kalinya ia langsung menciptakan dua dewa lainnya : Shu (angin) dan Tefnut (air dan hujan). Dua sosok dewa-dewi yang masih bayi itu dikirim Ra untuk mengitari seluruh bumi untuk membatasi ruang gerak Isfet (kekacauan dan kegelapan).

Setelah melakukan itu, Ra menciptakan dua mata untuk dirinya. Mata kanan menjadi matahari dan mata kiri menjadi rembulan. Manusia sendiri diciptakan dari air mata dan keringat Ra.


-PENJELAJAHAN DUAT-
Setiap malam Ra dikisahkan menjelajahi dunia bawah (Duat – alam kematian) untuk bertarung melawan Apophis. Ra menjelajahi dunia bawah menggunakan perahunya yakni Mandjet (Jutaan tahun) di saat pagi hari dan Mesektet ketika senja. Biasanya Ra menjelajahi Duat dengan didampingi Ennead lainnya, termasuk Set. Saat di dalam Duat, Ra selalu berganti-ganti rupa. Pada pagi hari ia berwujud Kephri, siang hari berwujud Ra, dan malam hari berwujud Atum atau Khnum.

Pertarungan dengan Apophis berlangsung saat malam dan Ra akan muncul kembali ke permukaan saat matahari terbit ketika sudah mengalahkan Apophis. Siklus ini berlangsung setiap hari dan orang Mesir percaya ketika terjadi gerhana matahari, Ra sedang dalam bahaya sehingga para pendeta akan menyanyikan himne dan mantra serta mempersembahkan sesaji untuk membantu Ra melawan Apophis.


-RA dan FIRAUN-
Para firaun dinasti pertama hingga keempat selalu memaklumkan diri mereka sebagai titisan Ra – atau lazim disebut ‘Mata Ra’. Karena itulah perintah seorang firaun selalu bersifat absolut dan tidak boleh ditentang.


-TURUN TAHTA-
Anak-anak Ra, Shu dan Tefnut memiliki anak kembar Geb (dewa bumi) dan Nut (dewi langit). Geb dan Nut memiliki lima anak yakni Osiris, Set, Isis, Nephtys dan Horus. Di antara lima dewa-dewi ini Isis adalah sosok yang paling berambisi untuk menyingkirkan Ra dari tahta raja dewa dan menempatkan suaminya – Osiris – sebagai raja para dewa.

Suatu ketika Isis menciptakan seekor ular beracun yang mematuk kaki Ra dan membuat si raja dewa menderita karena racunnya tak bisa ia sembuhkan. Isis menawarkan kesembuhan bagi Ra asalkan Ra memberitahunya nama rahasianya. Isis akhirnya mengetahui nama rahasia Ra dan sejak itu Ra menjadi sangat takut pada cucu perempuannya itu. Tahta sebagai Firaun para Ennead diserahkan pada Osiris kemudian kepada Horus.


-ANAK-ANAK RA-
Ra memiliki banyak anak antara lain
• Bastet / Bast = dewi kucing yang setia mendampingi Ra dalam perjalanan melalui Duat.
• Shu dan Tefnut = dewa-dewi pertama yang diciptakan Ra.
• Thoth = dewa ilmu pengetahuan.
• Hathor – Sekhmet = dewi Sekhmet diciptakan Ra untuk ‘memberi pelajaran’ pada manusia yang berencana melawan Ra, dewi ini berwujud singa buas dan sangat susah dikendalikan. Ketika Ra memutuskan bahwa pembantaiannya sudah cukup, Sekhmet tetap membantai manusia sehingga Ra terpaksa harus mengubahnya menjadi seekor sapi bernama Hathor.
• Konshu = dewa bulan.


Sumber artikel: Le Chateau de Phantasm
http://www.facebook.com/LCDP.Official
Diskusi langsung di Facebook: Klik link ini

No comments:

Berita Antar Dunia

Pusat Berita Dunia-Dunia