Selamat Datang, Para Penjelajah!

Bersiaplah untuk menjelajahi dunia ciptaan imajinasi dari para pencipta dunia dari Indonesia. Dunia-dunia penuh petualangan, keajaiban dan tentunya konflik antara kebaikan dan kejahatan. Maju terus para penulis fantasi Indonesia! Penuhi Takdirmu!

Fantasy Worlds Indonesia juga adalah blog resmi dari serial novel, komik, game dan multimedia FireHeart dan Evernade karya Andry Chang yang adalah versi Bahasa Indonesia dari NovelBlog berbahasa Inggris Everna Saga (http://fireheart-vadis.blogspot.com) dan FireHeart Saga (http://fsaga.blogspot.com)

Rubrik Utama Fantasindo

25 March 2013

Menulis Fiksi Fantasi - Djokolelono






MARI BERFANTASI MENGUFAS FANTASI

Makalah oleh: Djokolelono
Untuk Event Talk Show “Berfantasi Tidak Dilarang”
Edisi Weblog oleh: Andry Chang
 


Bagian 3: Menulis Fiksi Fantasi



Apa yang memicu dan memacu fantasi?

Tak beda dengan karya tulis lailn, ilham untuk membuat suatu cerita fantasi bisa datang dari mana saja. Mungkin tergantung kepekaan kita masing-masing terhadap fantasi itu. Ada orang yang begitu melihat apa saja bisa timbul ide fantasinya, namun juga ada yang butuh “rangsangan” seperti game, film, novel, komik, lagu, karya seni, berita, pengalaman pribadi dan lain sebagainya.

Biasanya, pemicunya adalah pertanyaan: Bagaimana kalau…? (What if)

Contohnya, saat naik busway, misalnya, bisa timbul banyak “Bagaimana kalau”.

-          Bagaimana kalau bis ini sesungguhnya adalah bis ke dunia lain.

-          Bagaimana kalau penumpang bis ini sesungguhnya bukan manusia.

-          Bagaimana kalau ternyata bis ini berakhir di Grogol, bukannya di Blok M seperti tertera di pelat rutenya.

-          Bagaimana kalau seluruh bis ini sebelum turun harus menjalani tes tertulis dulu.

-          Bagaimana kalau bis ini sesungguhnya adalah mesin waktu, dan seterusnya.




Persiapan apa saja yang perlu dilakukan untuk menulis sebuah kisah fantasi?

1.  Ide

Pastikan ide apa yang anda garap.

Syaratnya:

-          Bisa diterima pembaca. Kalaupun ide itu tak masuk akal, berilah alasan mengapa peristiwa itu seakan benar-benar terjadi, bahkan melawan hukum alam. Atau setidaknya alasan itu bisa benar terjadi di dunia rekaan sendiri itu.

-          Bukan ide “tolol”. Misalnya ada tokoh jin tapi hanya ditugaskan mencari makanan jin, mungkin biasa. Tapi kalau ditugaskan menciptakan kedamaian dunia tapi malah bakal berakibat musnahnya manusia – nah itu, baru menantang.

-          Menarik. Idemu harus bisa meninggalkan suatu “kenangan” pada pembaca. Nah, ini agak relatif. Entah itu ide unik, sarat pesan moral atau penuh aksi seru, coba bayangkan sendiri. Bila kita sebagai penulis jadi tokoh utama dalam kisah kita, akankah kita merasakan yang sama dengannya? Sedih, gembira, tegang, penasaran dan sebagainya.

-          Sekali lagi, penggalian ide, plot dan pengembangan tokoh fantasi dan pembentukan ciri khas kita dalam menulis fantasi TIDAK BISA DIAJARKAN. Itu harus dicapai lewat banyak latihan, riset dan pengamatan.

Vandaria Saga - Hailstorm by Fachrul R.U.N., salah satu penerapan dan kombinasi ide yang sangat unik.


2.  Garis Besar Cerita

Buat peta tentang ceritamu: Geografinya, tokoh-tokohnya, bahasanya, sifat masing-masing dan seterusnya. Dan garis besar ceritanya, mau dibawa kemana mereka. Tokoh-tokoh baik, buruk dan “abu-abu”, pertentangan mereka dan seterusnya. Contoh: “The Song of Ice and Fire / Game of Thrones” – George R. R. Martin, yang rata-rata tokoh-tokohnya "abu-abu".
Serial Ther Melian karya Shienny M.S. dkk, punya konsep yang sangat jelas yaitu kombinasi romance, epic dan high fantasy.


3.  Riset Latar Belakang

Akan sangat membantu bila anda tahu benar latar belakang tokoh-tokoh dan TKP berdasarkan fakta yang ada. Misalnya: Tokoh anda hidup di Zaman Majapahit. Dia lapar. Dia masuk ke kebun singkong. Terus membakar singkong. Benarkah? Atau bisakah ada nama “Rahma” untuk seseorang yang hidup di Zaman Majapahit?

Riset ide/plot cerita bisa dilakukan lewat mempelajari karya-karya orang lain. Untuk riset latar belakang, akan lebih baik bila ditambah pengetahuan yang memadai tentang sejarah, geografi, struktur sosial, kebudayaan. Sumber riset bisa dari narasumber (seorang ahli/yang berpengetahuan), atau kita sendiri yang bila perlu jadi ahli dalam suatu hal yang bisa dimasukkan dalam kisah fiksi atau non-fiksi. Kadarnya bisa dari Mbah Google, Wikipedia sampai ensiklopedia atau buku-buku referensi di perpustakaan atau dari mana saja.

Antologi Qi Xi, yang latar belakangnya diambil dari Budaya Tionghoa Kuno

4.  Mulai Menulis

Sekali lagi, mengarang adalah ekspresi pribadi anda. Tata bahasa, ejaan dan lain-lain mungkin saja bisa diobrak-abrik, asal sesuai dengan warna cerita anda.

Kalau tokoh anda berkata, “Ma’em lada truz jd tiap pagie sakit peyut… (o~,o~) Ammm… ciyus? Miapah?” Ya tulis begitu agar lebih hidup. Tapi hati-hati kalau sampai editor anda nggak ngerti…

Mungkin kalimat langsung bisa anda tulis seaneh itu, tapi jangan lupa tanda baca, pemotongan kalimat, dll yang membuat pembaca nyaman. Juga editor anda.

Kadang-kadang penggambaran sesuatu yang terlalu detil juga membosankan. Usahakan ini tidak terjadi.

Arassi, hasil lomba Ufuk Fantastic Fiction 2012 yang menitikberatkan pada "pesan moral" dalam cerita.

5.  Draft 1, Draft 2, Draft 3…

Jika anda baru mulai menulis, jangan takut menulis draft. Jika tulisan anda selesai, bacakan pada teman anda atau minta dia baca. Lihat reaksinya. Atau rasakan sendiri apakah sudah cukup baik atau tidak. Jangan takut menulis ulang. Terutama dengan komputer sekarang ini, sangat gampang untuk mengubah kalimat atau bahkan paragraf.



CATATAN

Tulisan ini semua adalah fantasi. Dan hanya fantasi. Tak perlu dimasukkan ke hati. tak perlu dijadikan ilmu. Anggap saja kita omong-omong sambil nongkrong makan kue pancong.

Djokolelono, 28 Januari 2012



DJOKOLELONO adalah penulis veteran yang telah menelurkan banyak karya khususnya yang bergenre fiksi ilmiah dan fiksi fantasi, termasuk Anak Rembulan.



ANDRY CHANG adalah penulis, komikus dan game developer spesialis fiksi fantasi, fantasi ilmiah dan fiksi aksi (silat/beladiri). Kreator dunia fantasi Everna (FireHeart Saga) dan kontributor Vandaria Saga.  

Kembali ke Bagian 2: Klasifikasi Fiksi Fantasi
Kembali ke Bagian 1: Genre Fantasi 

No comments:

Berita Antar Dunia

Pusat Berita Dunia-Dunia