Selamat Datang, Para Penjelajah!

Bersiaplah untuk menjelajahi dunia ciptaan imajinasi dari para pencipta dunia dari Indonesia. Dunia-dunia penuh petualangan, keajaiban dan tentunya konflik antara kebaikan dan kejahatan. Maju terus para penulis fantasi Indonesia! Penuhi Takdirmu!

Fantasy Worlds Indonesia juga adalah blog resmi dari serial novel, komik, game dan multimedia FireHeart dan Evernade karya Andry Chang yang adalah versi Bahasa Indonesia dari NovelBlog berbahasa Inggris Everna Saga (http://fireheart-vadis.blogspot.com) dan FireHeart Saga (http://fsaga.blogspot.com)

Rubrik Utama Fantasindo

25 March 2013

Genre Fiksi Fantasi - Djokolelono



MARI BERFANTASI MENGUFAS FANTASI
Makalah oleh: Djokolelono
Untuk Event Talk Show “Berfantasi Tidak Dilarang”
Edisi Weblog oleh: Andry Chang

Bagian 1: Definisi Fantasi

Saya bukan guru. Bukan ahli bahasa. Bukan editor. Saya hanya pengarang. Penulis. Dan sebagai pengarang dan penulis, atau bahkan sebagai manusia awam, saya sering berfantasi.
Lalu, apa sebenarnya fantasi itu?
Sejauh fantasi saya, fantasi berarti membayangkan, menceritakan, melukiskan, mencitrakan hal-hal yang mustahil. Misalnya satu orang biasa, katakanlah namanya Alay Silebay pacaran dengan Britney Spears, pastilah itu fantasi. Bisa saja Alay menggambarkan dirinya semacam selebriti papan atas, bisa mesra dengan Britney yang dianggapnya masih perawan tingting. Dipercaya atau tidak, sangat terserah pada kepiawaian Alay bercerita, berkreasi.
Fantasi adalah suatu hasil dari kreativitas. Dan karenanya, tak ada peraturannya, tak ada larangannya. Penilaian akhir hanyalah: apakah fantasi kita diterima dengan baik oleh siapa pun kepada siapa fantasi kita diceritakan.
Alay Silebay a.k.a The Mask

Fantasi adalah menggambarkan sesuatu yang tidak terjadi bahkan mungkin tidak akan bisa terjadi. Fantasi adalah suatu keadaan di mana seseorang membayangkan dan mengharapkan sesuatu bisa dialaminya. Fantasi memang tidak berbasis pada realitas tapi bisa diterima bagi mereka yang masuk dan berada di dunia fantasi itu sendiri. Fantasi adalah hasil suatu proses kreatif. Dan proses kreatif tak ada batasannya, tak ada larangannya, dan… tak bisa diajarkan.
Fantasi bisa diterima, kalau penerima fantasi itu bisa menerimanya dengan batasan-batasan yang ada padanya – yang mana batasan-batasan itu sesuai dengan kaidah hubungan antar manusia yang berlaku. 
Guess who?
Dalam contoh Alay Silebay dan Britney Spears… kalau misalnya si Alay itu selebriti, pengarang terkenal selevel J.K. Rowling, maka walaupun tampang si Alay agak “minus”, mungkin saja Britney paling tidak tertarik pada si Alay. Atau ternyata Britney adalah agen rahasia yang bertugas menjebak Alay. Dan seterusnya... Itu fantasi yang bisa diterima untuk bisa terjadi, setidaknya mendekati “masuk akal” atau believeable.

Lanjut ke Bagian 2: Klasifikasi Fiksi Fantasi

Lanjut ke Bagian 3: Menulis Fiksi Fantasi

Sumber Gambar:
The Mask & Britney: BJ Vadis GetAmped Skins Gallery

No comments:

Berita Antar Dunia

Pusat Berita Dunia-Dunia