Selamat Datang, Para Penjelajah!

Bersiaplah untuk menjelajahi dunia ciptaan imajinasi dari para pencipta dunia dari Indonesia. Dunia-dunia penuh petualangan, keajaiban dan tentunya konflik antara kebaikan dan kejahatan. Maju terus para penulis fantasi Indonesia! Penuhi Takdirmu!

Fantasy Worlds Indonesia juga adalah blog resmi dari serial novel, komik, game dan multimedia FireHeart dan Evernade karya Andry Chang yang adalah versi Bahasa Indonesia dari NovelBlog berbahasa Inggris Everna Saga (http://fireheart-vadis.blogspot.com) dan FireHeart Saga (http://fsaga.blogspot.com)

Rubrik Utama Fantasindo

13 October 2008

Latar Belakang Budaya dalam Novel Fantasi

(Dokumentasi komentar Andry di forum Pulau Penulis Lautan Indonesia)
http://www.lautanindonesia.com/forum/index.php/topic,458.0.html

sori nih, baru sekarang saya mengomentari tentang kebutuhan 'novel fantasi indonesia bersetting budaya indonesia'. ini juga akan disimpan di http://fantasindo.blogspot.com untuk mengingatkan diri sendiri pula.

saya nggak tahu entah siapa diantara kita ini yang tahu banyak (walaupun bukan pakar) budaya indonesia. tapi daripada pusing membuat sesuatu yang tidak begitu kita kuasai, saya cenderung kagum dengan usaha dian yang dgn "zauri"-nya membuat dunia dan budaya yang 100% baru dan unik. dunia baru, monster2 baru yang belum pernah dikenal sebelumnya. Mungkin kalau ilustrator sekaliber Hege mau membuatkan ilustrasi masing-masing monster itu, pasti akan semakin powerful karyanya. Jadi kesimpulannya, buatlah fikfan yang 100% unik sekalian, daripada dituding menyalahi budaya Indonesia dan legenda2 yang sudah ada.

sedangkan pengalaman saya sendiri yang membuat fireheart dalam bahasa inggris dan melemparnya ke forum2 luar negeri: walau sekeras dan selama apapun usaha saya untuk survei, mempelajari medieval europe sampai ke buku2 klasik dan sejarah2nya (seperti yang sebagian dicatat di www.fireheart.tk bhs inggris), tetap saja orang luar menganggap itu TIDAK CUKUP MEMADAI untuk diterbitkan untuk pasar Amerika & England. udah sukur2 banyak orang Amrik dan Inggris sendiri yang membaca blog Bahasa Inggrisku. Kalau perlu FireHeart versi Inggris harus dirombak ulang supaya lebih appealing, walaupun tetap saja: Paradigma orang Amerika & Inggris adalah: NGGAK MUNGKIN ada orang dari Asia misalnya yang gak pernah tinggal dan belajar di sana yang bisa membuat setting Medieval dengan baik dan tanpa kesalahan fatal.

Kurangnya pengetahuan geografi juga bisa berakibat fatal, seperti misalnya dalam novel Sang Penandai letak China benar2 salah dan terkesan 'dipaksakan' agar bab Yang Zhuyi dan kota berlampion jadi awal petualangan laut Jim, dan itu mengurangi nilai novel yang sangat kental unsur sastranya ini.

Yah, begitulah kenyataan yang saya lihat, dan selebihnya terserah anda.

No comments:

Berita Antar Dunia

Pusat Berita Dunia-Dunia