Selamat Datang, Para Penjelajah!

Bersiaplah untuk menjelajahi dunia ciptaan imajinasi dari para pencipta dunia dari Indonesia. Dunia-dunia penuh petualangan, keajaiban dan tentunya konflik antara kebaikan dan kejahatan. Maju terus para penulis fantasi Indonesia! Penuhi Takdirmu!

Fantasy Worlds Indonesia juga adalah blog resmi dari serial novel, komik, game dan multimedia FireHeart dan Evernade karya Andry Chang yang adalah versi Bahasa Indonesia dari NovelBlog berbahasa Inggris Everna Saga (http://fireheart-vadis.blogspot.com) dan FireHeart Saga (http://fsaga.blogspot.com)

Rubrik Utama Fantasindo

05 October 2008

Diskusi FireHeart di Forum Kemudian.com

Arsip diskusi dari Thread FireHeart di forum Kemudian.com
http://www.kemudian.com/forum/bahas_buku/210564

Q:

WAAAAHHHHHHH.... LIMA RATUS HALAMANNN....

Kapan ya saya sanggup bikin novel sepanjang itu? hiks

A:

tenang aja, asal sudah punya polanya (sinopsis) tinggal dirangkaikan... dan sisanya memang perlu kerja keras.


Q:

Paladin yang seperti di game2 itu ya?

Bedanya paladin sama knight itu apa sih?

"Dont you know that every sword need a sheath"

A1:

kalo di game2 kan, paladin itu ksatria elit... semacam 'kesatria suci', kayak crusader di beberapa game lain. Lawannya Dark Knight. Yah... bener ga ya?

A2:

tul, tul, bener banget, upgrade-an dari knight. Angel
tapi para paladin di sini gak cuma yang bawa pedang pakai zirah dan perisai dsb, tapi juga dari beberapa profesi berbeda, yang diangkat ke jenjang setingkat di atas knight.
nanti mereka akan diadu dengan para 'black paladin' (atau upgrade-annya black knight)

jadi paladin dalam cerita ini ada 2 pengertian, yaitu paladin dalam pengertian status dan pangkat dan paladin dalam arti sebenarnya: ksatria baja serba bisa yang menjunjung kebenaran, yang akan terjun dalam perang suci melawan iblis.


Q:

Kenapa ya,

FireHeart: Legenda Paladin -> HatiApi: Legenda Ksatria Suci

lebih terasa pas menurutku.

c.r.sikado wrote:
Gelang Naga (Dragons’s Bracer), Rahmat para Malaikat (Angel’s Blessing), dan Amarah Dewa (God’s Wrath).

5.itu yang sedang aku usahakan, menerjemahkan semua istilah inggris ke dalam bahasa kita, butuh proses memang untuk menemukan istilah yang cocok.


Setubuh, eh setuju. Menurut pendapat saya memang sulit, sama seperti usaha saya sendiri untuk mengintegrasikan keris dalam seting fantasi barat yang selalu berakhir dengan keris sebagai senjata sakti yang dapat terbang sendiri dengan digerakkan oleh gelombang pikiran dan dapat digunakan untuk memanggil makhluk gaib (Tuyul) dari dimensi lain yang keahliannya mengumpulkan koin2 emas tanpa pemilik. Tapi demi masa transisi agar fantasi Indonesia tidak terus mengekor barat dan berdiri sendiri, ini semua berarti.

A1:

hm soalnya terus terang ini adalah novel terjemahan dari versi inggris yang asli buatan saya, yang ada di blog www.fireheart.tk. saya sudah berusaha keras mengubah bbrp istilah barat ke indonesia, terutama nama jurus-jurusnya tapi hanya judul FireHeart dan Paladin yang tetap saya pertahankan. Di dalamnya, nama Sage the FireHeart memang saya terjemahkan jadi Sage si Hati Api.

Mungkin proyek saya selanjutnya, "Adilaga" yang merupakan sumbangan bagi dunia superhero Indonesia bisa mengkompensasikan semua "kejanggalan" ini.

A2:

Beberapa dari usaha yang sudah dilakukan:
- Deathblade => Pedang Iblis Pembantai Devil
- Sword of Justice => Pedang Malaikat Keadilan Angel
- Requiem of the Tides => Gelora Gelombang Samudera
- Land and Sea Divide => Pembelah Darat dan Laut
- Ten-Point Chain Slash => Serangan Pedang 10 Penjuru
- Fireslash => Peluru Sabit Api Naga
- Dragon Wings Air Slash => Sabit Sayap Naga
- Power Bash => Sabetan Tenaga Inti

Yah, diusahakan semenarik mungkin konteksnya agar masih enak dilihat...


Q:

Ngomong-ngomong saya penasaran nih, kira-kira adegan pertarungan anda lebih condong ke gerakan (seperti film kungfu) atau saling tukar jurus sakti (sperti Streetfighter, Warcraft) ?

A:

Dari segi penceritaannya mungkin lebih condong ke Street Fighter / Warcraft. Dalam beberapa adegan ada yang saya gambarkan blow-by-blow seperti kungfu, tapi di titik2 tertentu karena memang terlalu ramai yang bertarung, yang saya tulis hanyalah pada saat mereka mengerahkan jurus2 pamungkas saja (seperti pada daftar di atas dan akan saya daftar ulang di fantasindo.blogspot.com).

Dan satu lagi, adegan laga dalam novel ini memang banyak terinspirasi dari komik2 kungfu karya Tony Wong (yg terbaru: Ksatria Langit) yang dicampur-sari dengan game2 seperti Warcraft, Final Fantasy, Risk Your Life Online, Ragnarok Online, Seal Online & Getamped online fighting game (dan banyak lagi, terutama RPG). Jadi, jawabannya adalah: Kedua tipe itu ada, baik kungfu maupun Warcraft, dan FireHeart adalah campuran antara keduanya plus mantra2 sihir dan summoning.

Komentar pribadi:
Waw, antusiasme teman-teman dari forum Kemudian.com benar-benar membuat saya terharu...

No comments:

Berita Antar Dunia

Pusat Berita Dunia-Dunia