Selamat Datang, Para Penjelajah!

Bersiaplah untuk menjelajahi dunia ciptaan imajinasi dari para pencipta dunia dari Indonesia. Dunia-dunia penuh petualangan, keajaiban dan tentunya konflik antara kebaikan dan kejahatan. Maju terus para penulis fantasi Indonesia! Penuhi Takdirmu!

Fantasy Worlds Indonesia juga adalah blog resmi dari serial novel, komik, game dan multimedia FireHeart dan Evernade karya Andry Chang yang adalah versi Bahasa Indonesia dari NovelBlog berbahasa Inggris Everna Saga (http://fireheart-vadis.blogspot.com) dan FireHeart Saga (http://fsaga.blogspot.com)

Rubrik Utama Fantasindo

24 July 2013

Monstropedia - Pegasus

Meteor Pegasus! (#eh?!)

Pegasus
_________

Nah, pegasus ini digambarkan sebagai kuda putih bersayap. Tapi, dalam beberapa kisah fantasi kontemporer (‪#‎eh‬?), warnanya ndak cuma putih lho (kalau ndak salah, si Blackjack warnanya hitam kan?)

Asal namanya dari bahasa Yunani, "pegai" artinya mata air atau "pihassas" artinya petir.

Kisah pegasus ini berawal dari hubungan cinta Poseidon dan Medusa, yang suatu hari, entah iseng entah saking bodohnya, menggunakan kuil Athena untuk mesra-mesraan. Hal itu membuat Athena marah besar dan mengutuk Medusa jadi monster berambut ular.

Nah, ternyata setelah Perseus (anaknya Zeus lho ya, bukan si Percy) memenggal kepala Medusa, dari darahnya lahirlah pegasus.

Pegasus kemudian terbang ke Gunung Helicon di Yunani, tempat tinggal dewi-dewi Musai, yaitu para dewi yang melambangkan inspirasi akan sastra, ilmu pengetahuan, dan seni (9 dewi Musai yang dikenal dalam sarkofagus Romawi: Clio, Thalia, Erato, Euterpe, Polyhymnia, Calliope, Terpsichore, Urania, Melpomene). Nah, di Gunung Helicon ini, tepat di tempat pegasus menjejakkan kaki, muncullah mata air yang kemudian dinamai Hippocrene, artinya mata air kuda.

Sekarang Fantasianers tahu kan dari mana pegasus mendapatkan namanya?

Lalu, ketika Bellerophon, yang diutus Raja Lycia untuk membasmi monster Chimaera, bermalam di kuil Athena, sang dewi datang dalam mimpi memberikan tali kekang emas serta menunjukkan keberadaan Pegasus. Setelah menjinakkan pegasus dan menuntaskan tugasnya, Bellerophon berambisi terbang ke puncak Olympus, tempat tinggal dewa-dewa.

Zeus yang marah pun kemudian menghempaskan Bellerophon hingga jatuh. Nyawanya diselamatkan Athena tapi ia menjadi buta.

Sisa hidupnya dihabiskan sebagai pengembara yang dibenci dewa maupun manusia. Ia tak pernah lagi bertemu dengan Pegasus.

Sementara itu, Pegasus ternyata tidak ikut jatuh dan malah berhasil mencapai Olympus. Pegasus kemudian menghabiskan hari-harinya dengan membawakan petir untuk Zeus, dan akhirnya diabadikan menjadi gugusan bintang.

Sumber gambar: http://images.wikia.com/demigods/images/c/cb/Kagaya-StarryTales-Pegasus-1-.png


Sumber artikel: Le Chateau de Phantasm @ Facebook
http://www.facebook.com/LCDP.Official
Link langsung ke foto dan pembahasan

No comments:

Berita Antar Dunia

Pusat Berita Dunia-Dunia