Selamat Datang, Para Penjelajah!

Bersiaplah untuk menjelajahi dunia ciptaan imajinasi dari para pencipta dunia dari Indonesia. Dunia-dunia penuh petualangan, keajaiban dan tentunya konflik antara kebaikan dan kejahatan. Maju terus para penulis fantasi Indonesia! Penuhi Takdirmu!

Fantasy Worlds Indonesia juga adalah blog resmi dari serial novel, komik, game dan multimedia FireHeart dan Evernade karya Andry Chang yang adalah versi Bahasa Indonesia dari NovelBlog berbahasa Inggris Everna Saga (http://fireheart-vadis.blogspot.com) dan FireHeart Saga (http://fsaga.blogspot.com)

Rubrik Utama Fantasindo

24 July 2013

Monstropedia - Bogeyman

Hello Mr. Pitch Black

Bogeyman
------------
Mungkin makhluk yang satu ini keberadaannya paling sering di kisah-kisah horor. Pernah gak sobat Fantasianers nonton film horor yang ada anak kecilnya, lucu, imut, unyu, tiba-tiba ngomong sama mamanya, "Mom, there's a bogeyman over there." dan kemudian si mama cuma meluk si anak seraya menenangkan dan meyakinkan kalau nggak ada apa-apa di sana.

Ada yang bilang kalo anak kecil itu masih peka dan memang bisa melihat makhluk halus. Nah, orang barat membahasakan "hantu" itu dengan sebutan Bogeyman, karena kebanyakan penampakannya dipercaya berbentuk seperti manusia berkelamin laki-laki walaupun detailnya nggak pernah ada.

Bogeyman atau bisa juga ditulis Bogieman/Boogeyman, adalah makhluk yang dipercaya hanya ada di dalam imajinasi saja. Biasanya orang tua nggak bertanggung jawab bakal memanfaatkan makhluk-makhluk ini untuk nakut-nakutin anak mereka yang nakal.

"Hei, kamu gak boleh tidur malem-malem, nanti didatengin Bogeyman loh~!"

Bogeyman ini beda negara asal, beda pula penampilannya. Bergantung dari kepercayaan nenek moyang mereka. Yang jelas ada satu persamaan, yaitu para Bogeyman ini dipercaya suka menculik anak-anak yang nakal. Apa kalian juga mikirin hal yang sama? Yap, Indonesia juga punya Bogeyman-nya sendiri. Yaitu, Wewe Gombel. Bahasan soal ini mungkin bakal dijelasin di #FICTIONARY - Into the Darkness edisi lainnya.

Kata "Bogey" dalam Bogeyman diambil dari bahasa Inggris kuno "boggel/bugge" yang juga merupakan kata asal dari "bug". Sering juga dikaitkan dengan bahasa Jerman, "bogge" atau "boboggel-mann". Penyebutan yang serupa juga berlaku di Denmark, Irlandia, Belanda, Polandia, Italia, Rumania, dan sebagian negara-negara Eropa lainnya. Teori lain juga menyatakan kalo Bogey ini diambil dari kata "Bog-man" yakni sebutan untuk seseorang yang sedang bersembunyi di dalam kegelapan di malam hari. Sesuatu yang biasanya dilakukan seorang kriminal biar selamet dari kejaran polisi.

Seperti yang tadi mimin bilang, nggak ada bentuk fisik secara pasti soal Bogeyman, semuanya bergantung dari negara asal tempat bogeyman ini diceritakan. Walau begitu kebanyakan menggambarkannya dalam bentuk serupa manusia atau pun monster seperti serangga raksasa yang membawa karung. Dipercaya karungnya digunakan buat membawa anak-anak nakal. Berikut ini contoh Bogeyman yang dipercaya ada di berbagai negara:

1. Sack Man, makhluk misterius yang membawa karung. Di Spanyol digambarkan sebagai orang tua kurus bertampang luar biasa jelek yang suka memakan anak-anak nakal. Sedangkan di Brazil sering digambarkan sebagai pria dewasa berkostum vagrant yang juga membawa karung. Di Turki malah digambarkan sebagai makhluk seram (tidak seperti manusia) yang juga membawa karung.

2. El Coco, makhluk yang terkenal di Spanyol sebagai makhluk yang suka menculik anak-anak yang nggak mau tidur tepat waktu. Digambarkan seperti hantu dengan kepala labu. Yap, mirip hantu-hantu Halloween gitu deh. Dipercaya juga El Coco suka menyelinap dan sembunyi di bagian bawah tempat tidur. Siap menyergap anak-anak yang tidak mau tidur malam tepat waktu. Sedangkan di Brazil digambarkan sebagai perempuan humanoid yang sekilas terlihat mirip buaya.

3. Babau, makhluk yang terkenal di Italia dan juga Rumania. Diartikan juga sebagai "Black Man". Sosoknya seperti pria bertubuh kurus dan tinggi memakai jubah hitam besar dan juga tudung kepala hitam yang menyembunyikan penampakan wajahnya. Dipercaya Babau menghantui anak-anak yang tidak mau makan. Mereka tidak akan membunuh atau melukai anak-anak, tapi hanya membawa mereka ke tempat yang misterius dan menyeramkan.

4. Butzemann, makhluk yang dikenal di Jerman yang juga berarti "Black Man". Penggambarannya lebih tidak jelas karena dianggap sesuatu yang tak berwujud, namun mampu menarik anak-anak nakal dan membawa mereka ke bagian bawah tempat tidur atau tempat-tempat gelap lainnya seperti di dalam lemari pakaian dan sebagainya. Di Denmark dipercaya Butzemann suka sembunyi di bawah tempat tidur dan meraba-raba anak-anak yang tidak mau tidur. Sedangkan di Belanda digambarkan selain berpakaian serba hitam juga memiliki cakar dan taring. Biasa menculik anak nakal dan membawanya ke ruang bawah tanah dan membiarkannya terkunci sendirian di sana.

Sebetulnya masih banyak lagi contoh-contoh Bogeyman di seluruh dunia, lengkap dengan penggambaran fisik yang saling berbeda, namun tetap memiliki satu persamaan, yaitu hanya menjadikan anak nakal sebagai sasarannya.


Sumber gambar dan artikel:  
Le Chateau de Phantasm @ Facebook
http://www.facebook.com/LCDP.Official
Link langsung ke gambar & pembahasan tentang Bogeyman

No comments:

Berita Antar Dunia

Pusat Berita Dunia-Dunia