Selamat Datang, Para Penjelajah!

Bersiaplah untuk menjelajahi dunia ciptaan imajinasi dari para pencipta dunia dari Indonesia. Dunia-dunia penuh petualangan, keajaiban dan tentunya konflik antara kebaikan dan kejahatan. Maju terus para penulis fantasi Indonesia! Penuhi Takdirmu!

Fantasy Worlds Indonesia juga adalah blog resmi dari serial novel, komik, game dan multimedia FireHeart dan Evernade karya Andry Chang yang adalah versi Bahasa Indonesia dari NovelBlog berbahasa Inggris Everna Saga (http://fireheart-vadis.blogspot.com) dan FireHeart Saga (http://fsaga.blogspot.com)

Rubrik Utama Fantasindo

29 June 2012

Ther Melian - Genesis Review



Ther Melian – Genesis
Penulis: Shienny M. S.
Penerbit: Elex Media Komputindo
Edisi / Cetakan Pertama: 20 Februari 2012
Tipe: Paperback, 536 halaman
ISBN13: 9786020020785


Akhir Yang Membawa Awal
Review by Andry Chang
Klimaks.
Itulah satu kata yang menggambarkan seluruh isi Genesis (Permulaan), seri terakhir Tetralogi Ther Melian ini.
Dan satu kata ini pula yang termasuk prediksi Sang Musafir yang “kena sasaran”. Setelah sesi Revelation (Pembukaan) yang penuh sensasi, Chronicles (Kisah), “pengaturan posisi tempur” yang penuh drama dan “hancur-hancuran” di Discord (Pertentangan), di mana konfliknya makin Epik dan mencapai titik didih, dalam Genesis akhirnya segalanya “meledak”.
Rahasia-rahasia paling dalam terungkap, bahkan yang menyangkut keimanan yang paling fundamental menyita hampir seluruh porsi drama di halaman-halaman awal.
Di antara segala yang terungkap itu adalah dalang alias “biang kerok” pemicu konflik epik yang menyangkut nasib seluruh benua. Terus-terang, kali ini Shienny alias Calista, Dewi Pencipta Ther Melian berhasil “mengecoh” Sang Musafir, membuat perkiraan yang satu ini meleset sekaligus memperkuat nilai tambah, menambah keasyikan membaca. Simaklah terus-menerus segala konflik dan rasa penasaran yang sambung-menyambung HINGGA HALAMAN 509!!! 
Setidaknya, ada sedikit “hiburan”, karena prediksi Sang Musafir (dan satu orang lagi) tentang peran dan nasib Valadin “Valdy” sampai akhir serial ini cukup akurat. (Spoiler alert! Mau tahu apa prediksinya? Baca review “Discord” dari Sang Musafir).
Oya, prediksi tentang jumlah tokoh yang “berguguran” sampai akhir juga lumayan... (SPOILER) banyak lah. Mengulangi analisis di “Discord”, salah satu nilai tambah Ther Melian adalah tokoh-tokoh yang sudah dibentuk sedemikian rupa “indah”-nya tidak disayang-sayang. Bila perlu dalam satu bab bisa langsung “lenyap”.
Nah, bagi pembaca yang lebih berfokus pada kisah cinta daripada epos, menurut Sang Musafir gambar di cover depan (yang sangat bagus dan world-class) ini sedikit mengurangi unsur kejutan dari pertanyaan “siapa pria pilihan Vrey pada akhirnya?” (Sebenarnya inginnya pembaca bertanya: “Dada siapa itu?”) Kalaupun ada twist, bisa saja Vrey tak dapat dua-duanya, baik Valdy atau Leighton, tapi jelas pembaca akan dibuat menebak-nebak sampai epilog.
Dari segi alur cerita, perlu ditekankan lagi bahwa tipe plot Ther Melian adalah Role Playing Novel, atau dalam istilah khas Sang Musafir, RPGlicious. Definisinya, dari satu atau dua tokoh utama di awal cerita lalu bertemu dan berpetualang bersama tokoh-tokoh lainnya. Selanjutnya, penambahan dan pengurangan tokoh terjadi seiring tuntutan alur cerita (“takdir cerita”) adalah suatu seni tersendiri.
Kebalikan dengan tipe “Survival” yang menampilkan sejumlah tokoh di awal, lalu terus dikurangi sepanjang cerita. Dalam hal ini pembaca menebak-nebak siapa yang masih hidup di akhir cerita? Apakah termasuk si tokoh utama?
Sementara istilah “twist” adalah variasi-variasi pada plot yang diharapkan membuat jalan cerita jadi tak terduga dan menambah nilai keunikan dan kemenarikannya.
Ther Melian – Genesis punya banyak twist yang, walaupun tak terlalu ekstrim tapi cukup menarik. Satu petunjuk: Hal-hal yang sejati ternyata bisa saja palsu.
Membicarakan para tokohnya, kepribadian tokoh yang paling menarik menurut Sang Musafir adalah Eizen. “Kakek penggerutu” ini lebih brutal daripada Karth yang cenderung “sadis” dan “dingin”, namun jalan pikirannya membuat Sang Musafir merasa simpati sekaligus sebal padanya.
Beda dengan Ellanese yang keangkuhannya terlihat jelas hingga jadi juaranya tokoh “menyebalkan”.
Selain karakter-karakter tokoh utama yang sudah dijabarkan dalam review-review seri sebelumnya, ada beberapa “peran pembantu” yang baru muncul di Genesis, yaitu:
  1. Batzorig: Raja Kaum Draeg yang berkepribadian cukup simpatik.
  2. Ratana: Ratu Kaum Elvar. “Nenek cantik” yang didaulat sebagai pemenang mutlak dan abadi kontes “Miss Ther Melian” ini memiliki kebijaksanaan yang dipupuk selama ribuan tahun. Namun ia cukup rendah hati dan bijaksana untuk mengakui ia masih harus belajar lagi dari pengalaman. Untuk mengatasi konflik masa kini dan membangun masa depan.
  3. Odyss: “Sang Dewa Tertinggi” yang dipuja umat di Granville. Nampaknya ia adalah tokoh paling “hancur” di keseluruhan serial ini, menggantikan posisi Reuven.
  4. Velith: Yang pasti, inilah nama si “biang kerok”.
  5. Alasdair dan Raja Niall dari Dajhara: Tak kentara kepribadian mereka, karena mereka mewakili kepentingan Dajhara.
Secara keseluruhan, Genesis pantas jadi penyempurna fenomena Ther Melian di Indonesia. Contoh nyata kesuksesan serial Ther Melian ini adalah banyaknya penggemar tokoh-tokohnya dan fan art-fan art yang indah bertebaran di bagian belakang “Genesis”, Facebook Pagenya dan website Ther Melian.
Mengingat ini semua, Sang Musafir mengusulkan pada Dewi Calista agar memanfaatkan momentum populernya Ther Melian ini. Di antaranya dengan berkolaborasi dengan banyak pihak untuk membuat produk-produk lain seperti serial manga, boneka plushie, merchandise, cosplay (Eizen, anyone?) juga game RPG, Flash atau yang berbasis mobile (iPad, iPhone, Android). Dengan kata lain, pengembangan produk yang sangat luas. Kalau perlu bahkan mencetak ulang karya-karya Manga Calista yang lain.
Menanggapi usul Sang Musafir ini, Sang Dewi hanya menyunggingkan senyum termanisnya dan berkata, “Cerita mereka telah berakhir, tapi perjalanan mereka baru dimulai.”

Sinopsis:
Perjalanan panjang Valadin mengumpulkan Relik Elemental selesai sudah. Berbekal kepingan-kepingan kekuatan Aether itu, Valadin menuju Laut Kematian untuk menyatukan ketujuh Relik. Tapi sebelum bisa melakukannya, masih ada SATU ujian terakhir. Ujian yang sangat berat, yang berakar dari sejarah kelam Benua Ther Melian.

Sementara itu, Vrey dan teman-temannya mendapat bantuan dari seorang wanita misterius, yang bukan hanya memiliki kekuatan sihir luar biasa, tapi juga mengetahui keberadaan para Aether dan masa lalu Benua Ther Melian. Dan berkat pertolongannya, Vrey berhasil menyusul Valadin.

Ketika potongan demi potongan kebenaran yang sesungguhnya terungkap, Vrey dan Valadin menyadari bahwa mereka terlibat begitu dalam dengan misteri yang menyelimuti PERMULAAN terciptanya dunia mereka, Terra! Dan saat sejarah berulang, perang besar pun menanti di depan mata. Dalam kisah penutup tetralogi Ther Melian ini, perjalanan nasib sekali lagi mempertemukan Vrey dan Valadin. Tapi kali ini keduanya mungkin tidak akan selamat sampai akhir...


Editor’s Note:
Akhir dari tetralogi Ther Melian. Semua pertanyaan terjawab tuntas di buku ini. Mulai dari sejarah awalnya terciptanya Terra, serta para Aether dan Relik Elemental mereka. Dan kisah ini akan mengajarkan pada kita betapa ketika sesuatu yang kita cintai terancam keberadaannya, seseorang akan rela berkorban apa pun untuk mencegah kebinasaannya.

Sumber info dan keterangan lebih lanjut mengenai "Genesis" dapat disimak di:

Kunjungilah situs-situs Ther Melian di:
Facebook: Ther Melian Fan Page
Twitter: @thermelian

No comments:

Berita Antar Dunia

Pusat Berita Dunia-Dunia