Selamat Datang, Para Penjelajah!

Bersiaplah untuk menjelajahi dunia ciptaan imajinasi dari para pencipta dunia dari Indonesia. Dunia-dunia penuh petualangan, keajaiban dan tentunya konflik antara kebaikan dan kejahatan. Maju terus para penulis fantasi Indonesia! Penuhi Takdirmu!

Fantasy Worlds Indonesia juga adalah blog resmi dari serial novel, komik, game dan multimedia FireHeart dan Evernade karya Andry Chang yang adalah versi Bahasa Indonesia dari NovelBlog berbahasa Inggris Everna Saga (http://fireheart-vadis.blogspot.com) dan FireHeart Saga (http://fsaga.blogspot.com)

Rubrik Utama Fantasindo

14 September 2011

Kontes Menulis Cerpen Vandaria Saga


Kontes cerpen Vandaria. Berhadiah kontrak novelis.
by Ardani Persada Subagio on Sunday, September 11, 2011 at 9:38am
Sebuah kisah hebat kadang berasal dari inspirasi sederhana. Sebuah ide atau percikan kalimat “what if” yang terkadang muncul dalam aktifitas kehidupan kita sehari-hari. Percikan ide itu, jika dirawat dan dikembangkan dengan baik, dapat menjadi dasar bagi sebuah cerita yang akan dikenang selamanya oleh banyak orang.

Banyak hal dapat menjadi awal sebuah cerita, bahkan hal-hal kecil dan sederhana yang tidak kita kira sebelumnya. Apakah itu karena kekaguman kita membaca sebuah kisah lain; usai menonton film atau mendengarkan sebuah lagu yang sangat menyentuh hati kita; atau terkadang berasal dari kehidupan kita sendiri. Semua ide tersebut bisa diwujudkan menjadi kisah yang unik dan menarik.

Dan untuk menampung ide-ide itu, Vandaria mengundang setiap insan yang menyukai dunia kepenulisan untuk bergabung dalam Kontes Cerita Pendek Vandaria.

Dalam Kontes Cerita Pendek ini, peserta dapat mengirimkan satu karya terbaiknya untuk diseleksi oleh Tim Kreator Vandaria. Penulis dari cerita-cerita terbaik dari semua yang dikirim akan mendapat untuk memperoleh kontrak penerbitan bersama Tim Kreator Vandaria dan bisa membuat sebuah kisah Vandaria yang baru dari tangannya.

Tidak ada batasan yang spesifik dalam kontes ini. Peserta diperbolehkan membuat cerita macam apapun, hanya dengan satu ketentuan yang pasti: Cerita yang bersangkutan harus menggunakan setting dunia Vandaria. Informasi tentang dunia Vandaria ini bisa didapatkan melalui website vandaria.com. Jika ingin “melihat” dan “merasakan” sendiri dunia Vandaria ini, peserta bisa mencaritahu dengan membeli novel-novel Vandaria yang telah diterbitkan (Harta Vaeran dan Ratu Seribu Tahun).

Kreatifitas dan kemampuan mengolah ide dasar menjadi sesuatu yang menarik adalah poin utama. Dan kami yakin kedua hal itu tidak ada hubungannya dengan genre, atau pun pengalaman penulis. Karenanya, kami membuka diri kepada siapa saja untuk mengirimkan karya dan menunjukkan bahwa kisah mereka adalah yang terbaik.

Ketentuan Lomba: (Update November 2011)
Kontes ini terbuka untuk umum.

Cerita dikirim dalam format cerita pendek yang berisi minimal 2500 kata dan maksimal 5000 kata.

Karya merupakan karya asli dari peserta dan tidak pernah dipublikasikan dalam media cetak atau elektronik.

Cerita yang dikirimkan tidak menyinggung SARA.

Cerita menggunakan bahasa Indonesia yang baik, serta diusahakan sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan.

Genre cerita bebas (petualangan, aksi, romansa, misteri, komedi, dsb), namun harus menggunakan setting dunia Vandaria.

Informasi lebih lengkap tentang setting dunia ini dapat dilihat di www.vandaria.com.

Peserta dapat mengirimkan karyanya ke alamat e-mail submission@vandaria.com dengan judul Pendaftaran Kontes
Cerita Pendek dan berisi nama lengkap peserta, judul cerita, alamat peserta, email dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Naskah cerita dilampirkan dalam bentuk dokumen Microsoft Word format .rtf (rich text format).

Pendaftaran lomba akan ditutup pada tanggal 20 Desember 2011.(Updated!)

Semua cerita yang dikirimkan tetap menjadi hak milik peserta lomba, dan Vandaria berhak menerbitkan.

Semua cerita yang dikirimkan ke panitia adalah final. Dalam artian panitia tidak akan meminta revisi ulang dari peserta.

Panitia lomba tidak melayani surat-menyurat dengan peserta.

Peserta diperbolehkan memajang ceritanya pada media seperti blog, facebook, dan lain-lain dengan tidak lupa menyertakan keterangan bahwa cerita bersangkutan diikutsertakan dalam Kontes Cerita Pendek Vandaria.
 
Tiga pemenang dengan cerita terbaik akan diumumkan pada akhir Januari 2012. Juga ada dua cerita terbaik pilihan pembaca. Masing-masing pemenang akan mendapatkan hadiah senilai Rp.500.000.-, paket buku menarik, juga kesempatan untuk kontrak penerbitan novel bersama Tim Kreator Vandaria Saga.
 
Info lebih lengkap tentang Vandaria dapat dilihat di: www.vandaria.com, www.facebook.com/vandaria, dan www.twitter.com/vandariasaga

Selamat menulis!

1 comment:

YOGYAKARTA said...

wow this really good blog content
visit : uii.ac.id

Berita Antar Dunia

Pusat Berita Dunia-Dunia