Selamat Datang, Para Penjelajah!

Bersiaplah untuk menjelajahi dunia ciptaan imajinasi dari para pencipta dunia dari Indonesia. Dunia-dunia penuh petualangan, keajaiban dan tentunya konflik antara kebaikan dan kejahatan. Maju terus para penulis fantasi Indonesia! Penuhi Takdirmu!

Fantasy Worlds Indonesia juga adalah blog resmi dari serial novel, komik, game dan multimedia FireHeart dan Evernade karya Andry Chang yang adalah versi Bahasa Indonesia dari NovelBlog berbahasa Inggris Everna Saga (http://fireheart-vadis.blogspot.com) dan FireHeart Saga (http://fsaga.blogspot.com)

Rubrik Utama Fantasindo

14 November 2011

Nyanyian Alam


Nature Sorceress / Singer example - tentative image, extracted from this source

Nyanyian Alam
Andry Chang
Catatan: Isi cerita ini dipindahkan dalam bentuk kumpulan cerpen "Kristalisasi" Vandaria Saga. Terima kasih sudah mendukung cerita ini dan Fyanei hingga terbit dalam bentuk cetak!
- Andry Chang (Update 24 Maret 2012)
Website Vandaria Saga: http://www.vandaria.com

Fyanei si Penyanyi Pohon
Ilustrasi oleh Yohan Power



Latar Belakang Cerita

Diawali dari sebuah ide, “Bagaimana jika potensi ancaman dan bahaya bagi makhluk hidup datang dari alam sendiri, akibat interaksi makhluk hidup dengan alam?” saya memilih tema pelestarian alam sebagai latar belakang kisah ini. Unsur keajaiban dan sihir terinspirasi dari metode pertanian dan perkebunan, yaitu menggunakan musik agar tanaman tumbuh lebih subur. Inspirasi dan mekanisme penerapan “nyanyian alam” menghadapi bencana tanah longsor berasal dari sebuah game yang sangat populer dan melibatkan tanaman. Saat meramu karakterisasi Fyanei, tokoh utama cerita, saya teringat pada sebuah berita lama tentang seorang anak desa yang mendadak terkenal karena memiliki batu ajaib yang berkhasiat menyembuhkan penyakit (penyembuhan alternatif). 

Melalui kisah Fyanei ini saya mencoba menyampaikan pesan tentang teladan seorang pahlawan sejati yang tidak mencari ketenaran, apalagi kekuasaan dengan menggunakan bakatnya. Di samping itu, kita harus berusaha sekuat tenaga untuk menjaga keseimbangan alam dan mencegah bencana, serta contoh sikap dan tindakan yang benar bilamana bencana alam tak terhindarkan lagi. Kesemuanya itu menjadikan “Nyanyian Alam” kisah yang unik, menghibur sekaligus mendidik tepat di tengah hingar-bingarnya pergolakan di Jagad Vandaria.


Vandaria Saga: Kristalisasi

Semesta Vandaria memendam beragam kisah menawan. Bisikan Sang Angin menuntun Evander Evrard dalam duelnya sebagai komandan Isfaris. Vaeran tidak segan-segan menghukum manusia-manusia penyebab Padamnya Bintang-Bintang Vaeran sendiri, hingga seorang pejalan cakrawala memutuskan untuk campur tangan. Sebulan sekali, Hamon menyaksikan anak manusia dijadikan bahan baku Batu Filsuf di Kastel Deimos. Suatu pagi pada Musim Gugur, murid Akademi Sihir Holstok bernama Lena terbangun dan mendapati seekor naga bening dalam kamarnya.

Dengan Nyanyian Alam, Fyanei berusaha menyelamatkan desanya dari longsor. Gael Grifon berguru kepada seorang frameless tua yang sinis demi menjadi manusia penyihir di Padang Hijau Atap Merah. Tiga buah Relik Agung Gallizur dicari untuk menghadapi jenderal Deimos keji dan salah satunya telah dipegang Athalos, pemuda misterius yang hilang ingatan. Di Bawah Bulan Separuh kota perdagangan Zarkand, seorang pencuri bertekad mengambil kembali kristal miliknya. Beri Kami Damai adalah tugas terakhir Arvena, seorang penyair yang sering membohongi rakyat dengan syair kepahlawanan. Pentagon menghadirkan masa lalu lima tokoh yang akan memegang kunci nasib Benua Elir.

Tiga zaman, tiga benua, sepuluh kisah yang mengkristal dalam satu semesta Vandaria...


“Cerita-cerita fantastis karya penulis muda Indonesia yang mengalir dalam satu semesta unik, semesta Vandaria. Harus baca!”
—Sunny Gho Founder MAKKO; Managing Director Imaginary Friends Studios

“Masukilah labirin dunia Vandaria dengan kisah-kisah petualangan yang variatif.”
—Shienny M.S, Penulis Tetralogi Fantasi Ther Melian

“Seperti halnya kristal, kumpulan goresan cerita ini juga memiliki keindahan dari berbagai sisi sudut pandang.”
—FA Purawan, Pengarang Garuda-5 Utusan Iblis; Juara I Fantasy Fiesta 2011; Pengasuh Fikfanindo.blogspot.com

1 comment:

Mahfud Asa said...

nice story, jd kepikirran kalo indonesia punya penyihir macam itu...ahihi...pasti hutan2 yang gundul bisa langsung tumbuh subur...

aku suka puisi2nya....

good luck ya buat kontesnya...

Berita Antar Dunia

Pusat Berita Dunia-Dunia