Selamat Datang, Para Penjelajah!

Bersiaplah untuk menjelajahi dunia ciptaan imajinasi dari para pencipta dunia dari Indonesia. Dunia-dunia penuh petualangan, keajaiban dan tentunya konflik antara kebaikan dan kejahatan. Maju terus para penulis fantasi Indonesia! Penuhi Takdirmu!

Fantasy Worlds Indonesia juga adalah blog resmi dari serial novel, komik, game dan multimedia FireHeart dan Evernade karya Andry Chang yang adalah versi Bahasa Indonesia dari NovelBlog berbahasa Inggris Everna Saga (http://fireheart-vadis.blogspot.com) dan FireHeart Saga (http://fsaga.blogspot.com)

Rubrik Utama Fantasindo

03 October 2011

Festival Pembaca Indonesia 2011




Apa itu Festival Pembaca Indonesia?
Festival Pembaca Indonesia (Indonesian Readers Festival/IRF) adalah sebuah acara tahunan para pembaca buku untuk masyarakat Indonesia yang dikemas menjadi sebuah kegiatan rekreasi baca. Kegiatannya seru dan mendidik. Konsep play-educate ini yang membedakan acara ini dari kegiatan perbukuan besar lainnya.

Tahun 2010 lalu, acara ini sukses diadakan pada tanggal 5 Desember 2010 di Plaza Area Pasar Festival Kuningan Jakarta dengan mengusung tema “Rayakan Hidup Dengan Membaca”.

Tahun ini, Goodreads Indonesia kembali menyelenggarakan Festival Pembaca Indonesia. Berbeda dengan tema tahun lalu, kali ini Goodreads Indonesia mengusung tema “Jelajahi Dunia Membaca” yang akan menegaskan bahwa membaca buku barulah sebuah awal penjelajahan. Ketika seorang pembaca mulai membuka suatu buku, ia baik sadar ataupun tidak telah mulai melakukan perjalanan ke dunia baru. Seperti seorang turis, ia akan memperhatikan suatu hal, ‘berjalan’ (atau dalam hal ini, membalik halaman demi halaman), menikmati hal-hal yang ia anggap menarik dan membuat kenang-kenangan (bukan dengan kamera/video, tapi dengan pembatas buku atau menuliskan kesannya atas isi buku tersebut).

Goodreads Indonesia berharap kegiatan yang diadakan dalam acara Festival Pembaca Indonesia 2011 ini dapat menjadi pengalaman “jelajah” dalam dunia membaca yang berwarna-warni dan dinamis.

FESTIVAL PEMBACA INDONESIA 2011
"Jelajahi Dunia Membaca”

Minggu, 4 Desember 2011
Pukul 10.00 – 18.00 WIB
Plaza Area, Komplek GOR Soemantri Brojonegoro
Pasar Festival – Kuningan, Jakarta Selatan

Ada apa aja sih selama Festival Pembaca Indonesia 2011 berlangsung?

1. Negeri Para Pembaca: wilayah dimana para peserta pameran (“pemimpin negeri”) baik individu, komunitas, rumah baca, perpustakaan peserta pameran dapat mengundang para pengunjung untuk mengunjungi “negerinya” dengan memamerkan koleksi buku bacaannya. Jumlah stand sebanyak 42 stand @berukuran 2x2 meter. Luas tenda: 20 x 20 meter.

2. Alun-Alun: kegiatan acara-acara seperti Talkshow, Temu Penulis, Launching Buku, dan Workshop dari penerbit, penulis, instansi/perusahaan. Luas: 10 x 5 meter.

3. Pulau Anak: wahana yang khusus disiapkan untuk anak-anak mulai dari mendengarkan dongeng, meresensi, mewarnai, serta bermain. Luas tenda: 3 x 6 meter.

4.Tanjung Sinema: kegiatan menonton film-film yang diadaptasi dari buku yang telah diterbitkan. Luas: 3 x 6 meter.

5. Pulau 1000 Buku: tempat kegiatan menukar buku-buku yang sudah tidak ingin dibaca dengan buku-buku (baru/bekas) yang belum dibaca atau ingin dikoleksi secara gratis. Luas: 5 x 3 meter.

6. Teluk Baca: tempat khusus bagi para pengunjung untuk membaca dengan santai terpisah dari hiruk pikuk pameran. Para sponsor dapat menyediakan booth-nya sendiri jika tertarik. Luas: 3 x 3 meter

7. Lomba Jelajah Dunia Membaca: Para peserta yang dibagi menjadi kelompok-kelompok 3-4 orang dapat berlomba mengerjakan bermacam-macam tantangan sambil menjelajahi seluruh negeri dan pulau-pulau dalam “dunia” festival dengan hadiah-hadiah menarik.

8. Anugerah Pembaca Indonesia 2011: yaitu kegiatan apresiasi dari para pembaca Indonesia kepada insan perbukuan yang ada di Indonesia. Anugerah diumumkan pada saat penutupan festival di Alun-alun.

9. Kampung GRI: di sini terdapat “Wall of Fame” GRI yaitu pameran foto-foto, kliping berita, laporan-laporan kegiatan GRI selama 4 tahun serta media promosi dan publikasi GRI. Sekaligus kegiatan untuk menjual merchandise Goodreads Indonesia.

10. ‘Mercusuar’ yang merupakan Pusat Informasi seluruh kegiatan festival ini.

Anda bisa berpartisipasi dalam acara ini, baik sebagai sponsor, media partner, peserta pameran, ataupun pengisi acara.


Contact Person:
Sponsorship - Harun 0856 9259 3710
Talkshow(Alun-alun) - Vera 0812 8183 713
Peserta Pameran (Negeri Para Pembaca) - Mia 0852 3420 5008
Media Partner - Jimmy 0816 1630 898

Website: http://www.goodreads.com
http://www.goodreads.com/message/show/22559170

No comments:

Berita Antar Dunia

Pusat Berita Dunia-Dunia