Selamat Datang, Para Penjelajah!

Bersiaplah untuk menjelajahi dunia ciptaan imajinasi dari para pencipta dunia dari Indonesia. Dunia-dunia penuh petualangan, keajaiban dan tentunya konflik antara kebaikan dan kejahatan. Maju terus para penulis fantasi Indonesia! Penuhi Takdirmu!

Fantasy Worlds Indonesia juga adalah blog resmi dari serial novel, komik, game dan multimedia FireHeart dan Evernade karya Andry Chang yang adalah versi Bahasa Indonesia dari NovelBlog berbahasa Inggris Everna Saga (http://fireheart-vadis.blogspot.com) dan FireHeart Saga (http://fsaga.blogspot.com)

Rubrik Utama Fantasindo

25 February 2011

August December


August December
Manga Comic By: Sparrow


Penerbit: M&C Koloni
Review oleh: Andry Chang

Cerita

Setiap orang punya definisinya tersendiri tentang cinta. Bagi saya, cinta sejati dan belahan jiwa itu sebenarnya ada, namun untuk menemukannya butuh serangkaian inisiatif, usaha keras dan keputusan seperti menumbuhkan sebuah pohon dan mencari buah terbaik yang dihasilkannya.

Masalahnya, banyak hal dalam diri manusia yang menjadikan cinta yang semula sejati tak bersyarat menjadi banyak syarat, membutakan mata hati mereka. Cinta sejati jadi barang langka, dan makin banyak kehidupan tersia-sia dalam kehampaan makna.

Nah, untuk membantu manusia membuka mata hatinya inilah kadang butuh “campur tangan ilahi”, dan dalam dunia komik bergenre romance-fantasi ini, tugas ini diemban oleh para malaikat cinta.

Di dunia nyata, sesungguhnya urusan cinta sejati SEMUA ORANG tak bisa diselesaikan dengan sebatang anak panah saja. Jadi, dalam kaitan dunia “Dimensi Sparrow” ini bisa dimaklumi bila Cahaya si Malaikat Cinta menggunakan cara “Cupid Primitif” di awal dan akhir cerita dan - gawatnya – selalu salah sasaran. Namun, inti cerita sebenarnya adalah menyatukan “Agustus” dan “Desember” dan mempertahankan hubungan mereka sampai ke “titik aman”. Romance dan Valentine adalah inti yang mendominasi cerita dari awal sampai akhir, dan unsur-unsur humor, “street-fighting” bahkan pertarungan supranatural hanya jadi pemanis di kisi-kisi cerita yang membuat kisah ini terkesan agak “tidak seimbang”.

Jadi, cerita komik ini pada dasarnya adalah kisah cinta yang cukup menyegarkan, mudah dicerna dan tak terlalu rumit, dengan beberapa catatan:

1. Konflik dan bentrokan yang melibatkan kuasa gelap memang berhasil menambahkan bumbu fantasi dan membuat cerita jadi lebih seru, namun “alasan” pentingnya penyatuan August dan Natalia yang berbau Terminator itulah yang agak sulit saya cerna. Saya pribadi lebih bisa menerima kalau “semua cinta sejati itu penting dan perlu diperjuangkan mati-matian, tak boleh gagal”. Tak ada istilah “kurang penting, bukan plot utama, langsung pakai panah cupid saja” atau semacamnya. Mungkin akan lebih menegangkan lagi kalau usaha Cahaya adalah untuk menyatukan Chandra dan Tiara dan melibatkan geng kriminal, tapi yah, yang sudah terbitpun tak apa karena memang cerita ini ditujukan untuk menyampaikan pesan pemikiran penulisnya tentang cinta sejati, bukan arena tembak-tembakan.

2. Bumbu pemilihan nama “Desember”, “Natalia” dan “August” memang menambah nilai keasyikan cerita yang mungkin memang dilandasi ide dasar kecocokan bulan Agustus dan Desember ini, namun juga membuat cerita jadi terkesan terlalu banyak “kebetulan”. Cinta sejati tak hanya didasari kecocokan nama saja dan hal-hal lain yang terkesan “dipaksakan agar dicocokkan” dalam cerita, dan Sparrow memilih solusi “ujian cinta tingkat dasar” dengan adegan pertarungan dengan preman sebagai penentu cinta sejati.

3. Walaupun begitu, ada satu “teknik” penemuan cinta sejati yang cukup realistis dan berguna, yaitu menjadi pendengar yang baik dalam chat atau kencan (bagi pria) dan bagi wanita, memberi peluang pada pria untuk menunjukkan “kualitas diri” mereka yang sebenarnya lewat curhat dalam kencan.

“A woman needs to be heard and a man needs to be a hero”.

Inilah satu makna yang akan selalu saya ingat dari komik Sparrow Studio ini.



Gambar

Sebagai “penikmat”, menurut saya gaya manga dengan panel-panel yang rapi, juga detail dan style yang bermutu baik dari segi karakter, kostum dan backgroundnya sungguh enak dipandang mata.

Bentuk penggambaran wajah remaja yang hidungnya kalau kecil terkesan terlalu jauh dari mata memberikan ciri tersendiri pada style gambar Sparrow ini.

Mungkin untuk proyek-proyek selanjutnya bisa lebih diperhatikan lagi tentang proporsi letak mata, hidung dan mulut pada wajah dari sudut-sudut pandang yang berbeda-beda. Juga tambahkan pula variasi detail pada karakter dalam hal bentuk wajah, mata, kumis dan lain sebagainya supaya jangan kelihatan terlalu “kembar”. Contoh: Urs dan Michael yang hanya kelihatan beda di rambut dan pembawaan ekspresinya saja.


Tokoh Favorit

Natalia: Sangat manis, a real sweetheart, the best-drawn character of the lot.
August: Bentuk kacamatanya terlalu aneh, belum tentu jadul, hanya benar2 aneh.
Cahaya: Typical pemuda polos dengan embel-embel tato hati di pipi dan jambul hati.
Banci Kota Tua: Paling lucu. Untunglah tidak digambarkan secantik LadyBoy.
Lust: Typical jahat. Gaya rambut terkesan dipaksakan, namun terbantu oleh kostum yang cocok. The best-dressed character in the story.
Bryan: Hanya muncul sedikit, perannya hanya tempelan, hanya numpang lewat. Kalau Bryan sejak semula diceritakan sudah akrab dengan Natalia, kisah cinta ini akan jadi lebih rumit dan menantang.

Secara keseluruhan, “August December” layak dinikmati sebagai drama fantasi dengan bumbu pertarungan supernatural. Terlepas dari selera umum Shonen dan Shoujo, alur cerita yang tak memberi banyak kejutan dan wajah-wajah karakter yang kadang tampak “aneh”, menilik sedikit dan mendapatkan hikmah dari dunia “romantisme”, memberi warna baru yang mengasyikkan khususnya bagi saya yang pada dasarnya adalah penggemar komik laga-fantasi.

Yang pasti, “August December” BUKAN komik “Banci Kota Tua” melainkan komik Valentine yang menyajikan impian manis tentang cinta sejati di era Blackberry dan cara-cara yang fantastis dan realistis untuk mencapainya.

Good luck finding your true love!

Sparrow Comic Studios Website:
http://sparrowstudios.wordpress.com/

Preview Komik August December di:
http://augustdecember.moonfruit.com/

No comments:

Berita Antar Dunia

Pusat Berita Dunia-Dunia