Selamat Datang, Para Penjelajah!

Bersiaplah untuk menjelajahi dunia ciptaan imajinasi dari para pencipta dunia dari Indonesia. Dunia-dunia penuh petualangan, keajaiban dan tentunya konflik antara kebaikan dan kejahatan. Maju terus para penulis fantasi Indonesia! Penuhi Takdirmu!

Fantasy Worlds Indonesia juga adalah blog resmi dari serial novel, komik, game dan multimedia FireHeart dan Evernade karya Andry Chang yang adalah versi Bahasa Indonesia dari NovelBlog berbahasa Inggris Everna Saga (http://fireheart-vadis.blogspot.com) dan FireHeart Saga (http://fsaga.blogspot.com)

Rubrik Utama Fantasindo

13 January 2011

Sang Musafir di Fantasy Fiesta 2010 - Bagian 3: Rangkuman



Fantasy Fiesta 2010: Antologi Cerita Fantasi Terbaik 2010Fantasy Fiesta 2010: Antologi Cerita Fantasi Terbaik 2010 by Bonmedo Tambunan

My rating: 5 of 5 stars


Fantasy Fiesta 2010

Rangkuman Resensi

oleh Andry Chang



Setelah menyimak pembahasan pada resensi/parodi Sang Musafir di bagian-bagian sebelumnya dan beberapa resensi lain, Sang Musafir merasa tergelitik untuk merangkum semua itu dan menjabarkannya dalam bentuk klasifikasi jenis cerita fantasi beserta tafsiran dan hikmah dari setiap cerpen dalam Antologi Fantasi Fiesta 2010 ini. Berikut rinciannya:





1. Bocah Serigala Dan Isyarat-Isyarat Api – Jaladara



Sebuah dongeng yang merupakan twist dari dongeng “Bocah Yang Berteriak Serigala” dengan setting mirip Indian Amerika, dengan pesan moral yaitu: Kebaikan seseorang akan dibalas dengan kebaikan pula dan sesuatu yang aneh itu belum tentu suatu kebohongan.





2. Hujan – Ivon Natasa



Sebuah mythofantasy dengan setting masa Perang Dunia Kedua yang melibatkan kehadiran makhluk-makhluk gaib dalam sebuah toko misterius. Intinya adalah pilihan seseorang untuk percaya atau tidak pada “keanehan” serta segala akibatnya.





3. Candu Aksara – Dewi Putri Kirana



Kisah fantasi kontemporer tentang seseorang yang punya kebiasaan ajaib, yaitu menemukan kelezatan dalam setiap buku yang dimakannya, mengingatkan pada ungkapan “Supaya tak lupa pelajaran, godog saja bukunya lalu dimakan.”

Candu Aksara memberi hikmah perilaku aneh belum tentu negatif. Bila ditanggapi dengan bijaksana, perilaku itu bisa memberikan hasil yang positif pula.





4. Boxinite – R. Mailindra



Rangkaian pertandingan tinju masa depan dengan bumbu-bumbu sci-fi dan alien, memaparkan dengan lugas drama di baliknya saat uang, ego dan harga diri memukul K.O. nurani – dan harga yang harus dibayar untuk itu.





5. Aku Hidup Seribu Tahun – L. M. R. Pradana



Kisah heroic fantasy tentang seorang pria yang diberkahi umur panjang dan kekuatan digdaya namun tak berdaya saat menyaksikan tragedi dalam hidupnya berulang. Seakan ia ingin mengingatkan para pembaca. “Lebih baik lima puluh tahun hidup terberkati daripada seribu tahun hidup terkutuk” dan “Sekuat apapun seseorang, itu tak berarti melawan kekuatan takdir”.





6. Api – Klaudiani



Kisah contemporary-ghost fantasy berupa pengungkapan misteri “si penyulut api” dengan latar belakang legenda rakyat Bali, Rangda. Bentrokan antara beragam kekuatan supranatural yang menegangkan.





7. Apollyon – Fachrul R. U. N.



Gabungan antara ghost fantasy dan contemporary-action fantasy ini mengisahkan perjuangan seorang manusia biasa melawan kekuatan supranatural yang mampu membius benak banyak orang. Thriller ini seakan mengingatkan bahwa manusia adalah makhluk alami yang cenderung lemah saat menghadapi kekuatan supranatural. Dengan atau tanpa kesaktianpun, hendaknya manusia mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa.





8. Kota Para Penjarah – Luz Balthasaar



Kisah epic-action fantasy yang intinya adalah “survival for the fittest” yang berpadu dengan pembalasan dendam. Hikmah yang dapat diambil adalah tindakan kejahatan dapat berbuah dendam dan konflik tiada akhir, suatu kebalikan dari cerita “Bocah Serigala dan Isyarat-Isyarat Api”.





9. Sang Pelukis – Fredrik Nael



Heroic fantasy yang mengisahkan seseorang dengan kekuatan untuk mengubah harapan menjadi kebenaran mutlak, yang dianggap berbahaya oleh “Ordo” hingga harus dilenyapkan. Pesan yang ditafsirkan dari kisah ini adalah: Hati-hati dengan harapanmu, bijaksanalah sebelum bertindak. Kadang kita harus memilih solusi terbaik bilamana semua pilihan yang ada hanyalah yang buruk.





10. Anak Lelaki Dan Si Pengubah Wujud – Magdalena M. Amanda



Sebuah dongeng action fantasy dengan setting dunia seperti Indian-Amerika yang mencerahkan, mengingatkan kita bahwa pembalasan dendam takkan menyelesaikan masalah, malah menumpukkan masalah baru. Kadangkala pemberiaan maaf yang tulus bisa menjadi kunci ke arah solusi yang lebih baik.





11. Kerinduan Buku - Elbintang



Kisah sci-fi fantasi ini bercerita tentang hubungan penulis sebagai “dewa” dan tokoh-tokoh dalam cerita rekaannya. Seorang penulis – begitu pula dengan segala profesi lainnya – hendaknya bertanggungjawab atas segala karyanya. Bagaimana kalau “karya” itu punya hati dan perasaan?





12. Dewa Laut Istana Camar – 145



Malis dan Coo beraksi dalam action fantasy kontemporer yang menekankan pentingnya kerjasama dan nilai-nilai persahabatan dalam hidup, pekerjaan, bahkan dalam situasi yang paling “fantastis” sekalipun.





13. Moka Si Mobil Jelaga – Yuniar K.



Cerita dongeng fantasi modern yang paling menyentuh dunia kanak-kanak dalam antologi ini sarat dengan hikmah: Jangan menilai sesuatu dari penampilan saja. Sesuatu yang nampak usang bisa jadi berguna dengan kreativitas, usaha sepenuh hati dan niat tulus untuk membantu sesama.





14. Drama Terhebat Yang Pernah Ada – Tyas Palar



Ini adalah sebuah parodi mythofantasy tentang para dewa mitologi yang mementaskan drama tentang “sejarah” mereka sendiri dengan topeng-topeng berupa nama-nama yang berbeda. Tingkah-polah jenaka mereka menyampaikan pesan yang tegas: Sepandai-pandainya seseorang menutupi masa lalunya, lebih baik bila ia jujur pada hati nurani sendiri. Pengakuan yang tulus jauh lebih terhormat daripada kepura-puraan.





15. Rhytma – Bonmedo Tambunan



Kisah dongeng fantasi yang unik di negeri para pedansa ballroom tentang wanita yang tak suka dipimpin pria. Hikmahnya adalah, terkadang, demi kebaikan, kita tak harus melawan kodrat. Emansipasi dan persamaan hak itu baik, namun sebaiknya berbatas kodrat alami manusia dan jangan melanggar hak orang lain.





16. Labirin - Aphrodite



Permainan antar-dimensi, antar sub-genre high fantasy dan fantasi kontemporer ini sekali lagi mengingatkan bahwa kekuatan yang tak disertai kebijaksanaan akan berbuah bencana.





17. Nama Terlarang Di Angkasa – Calvin M. Sidjaja



Kisah fantasi kontemporer ini mengeksplorasi alam bawah sadar manusia dan kekuatan supranatural yang mengganggunya. Solusi untuk mengatasi kekuatan supranatural ini tak dijabarkan secara tersurat, namun meninggalkan hikmah: Rasa ingin tahu yang berlebihan kadang berbahaya, dan sebaiknya kita mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa supaya lebih teguh dalam menghadapi pencobaan apalagi yang melebihi kekuatan kita. “Curiosity kills the cat”.





18. Speak Of The Devil: Perangkap – F. A. Purawan



Cerpen mythofantasy yang menggambarkan konflik antara kekuatan supranatural dan science-fiction yang saling menebar perangkap ini menyampaikan pesan bahwa siapapun yang menghalalkan segala cara dan mencelakakan orang lain demi mencapai tujuannya sendiri akan mendapatkan balasan yang setimpal. “Orang yang hidup dari perangkap akan mati oleh perangkap.”





19. Hari Terakhir – Erwin Adriansyah



Sajian pertarungan epic high-fantasy yang menunjukkan bahwa sesakti apapun seseorang, mustahil menentang kuasa yang mahatinggi. Makhluk tak layak menghakimi penciptanya.

Kalaupun suatu dunia dikelola oleh “dewa” yang tak bertanggungjawab, satu-satunya cara menandingi dewa itu hanyalah dengan kekuatan dewata yang setara atau lebih besar.

Dan, dalam situasi tanpa harapan di kisah ini seperti pula di kisah “Sang Pelukis”, kita hanya bisa mengusahakan yang terbaik, seburuk apapun hasilnya nanti.





20. Matahari Sylvania – R. D. Villam



Kalau di Rhytma ada wanita yang tak suka pria berkuasa, di Sylvania ada pria yang tak suka wanita berkuasa. Kisah action high-fantasy ini seakan mengingatkan kita bahwa tiada kasih yang lebih mulia daripada kasih Tuhan pada ciptaanNya dan kasih orangtua pada anak-anaknya. Orangtua (begitu pula dengan pasangan cinta sejati) adalah penolong terbesar, pahlawan paling berani, teman-teman terbaik dan tulus. Itulah arti cinta sejati yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, pada pasangan dan pada anak-anak kita.



Demikianlah seulas tafsir Sang Musafir. Mohon maaf bila ada kesalahan kata, terlalu banyak spoiler atau hal yang tak sesuai dalam rangkuman ini atau pada dua seri resensi/parodi sebelumnya. This is The Pilgrim, signing out.



View all my reviews

No comments:

Berita Antar Dunia

Pusat Berita Dunia-Dunia