Selamat Datang, Para Penjelajah!

Bersiaplah untuk menjelajahi dunia ciptaan imajinasi dari para pencipta dunia dari Indonesia. Dunia-dunia penuh petualangan, keajaiban dan tentunya konflik antara kebaikan dan kejahatan. Maju terus para penulis fantasi Indonesia! Penuhi Takdirmu!

Fantasy Worlds Indonesia juga adalah blog resmi dari serial novel, komik, game dan multimedia FireHeart dan Evernade karya Andry Chang yang adalah versi Bahasa Indonesia dari NovelBlog berbahasa Inggris Everna Saga (http://fireheart-vadis.blogspot.com) dan FireHeart Saga (http://fsaga.blogspot.com)

Rubrik Utama Fantasindo

02 October 2010

Mengenal Tokoh SRI ASIH Karya R.A. Kosasih

Mengenal Tokoh SRI ASIH_R.A. Kosasih

oleh Funco Comics pada 23 September 2010 jam 11:01

Sri Asih adalah tokoh komik ciptaan R.A. Kosasih. Diterbitkan pertama kali pada tahun 1954 oleh Penerbit Melodie.

Sri Asih

Raden Ahmad Kosasih (Bogor, Jawa Barat, 1919) adalah seorang penulis dan penggambar komik termasyhur dari Indonesia. Generasi komik masa kini menganggapnya sebagai Bapak Komik Indonesia.

Karya-karyanya terutama berhubungan dengan kesusastraan Hindu (Ramayana dan Mahabharata) dan sastra tradisional Indonesia, terutama dari sastra Jawa dan Sunda. Selain itu beliau juga menggambar beberapa komik silat yang memiliki pengaruh Tionghoa, namun tidak terlalu banyak.

Kosasih mulai menggambar pada tahun 1953 lalu ia mulai berhenti dan pensiun pada tahun 1993. Kosasih terutama menggambar sketsa-sketsa hitam-putih tanpa memakai warna.

Kosasih memulai kariernya pada penerbit Melodi di Bandung. Namun karya-karyanya yang terkenal diterbitkan oleh Maranatha. Akhir-akhir ini pada dasawarsa tahun 1990-an karya-karyanya diterbitkan ulang oleh Elex Media Komputindo dan penerbit Paramita di Surabaya.

Karya:

  • Sri Asih (1950) bisa dianggap sebagai superhero Indonesia yang pertama.
  • Siti Gahara
  • Ramayana
  • Mahabharata

Bapak R.A Kosasih

Sri Asih bisa dianggap adaptasi komik superhero Amerika ke dalam corak Indonesia. Pada masa-masa awal perkembangan komik Indonesia para seniman komik berusaha membuat karya yang bisa diterima oleh kalangan budaya dan pendidik.

Ketika adaptasi superhero dianggap tidak mendidik dan tidak berbudaya bangsa maka pengenalan komik wayang menjadi jawabannya.

Nani adalah seorang gadis lugu yang apabila dia mengucapkan kata sakti "Dewi Asih" maka ia akan berubah menjadi superhero wanita yang bisa terbang, kebal, berkekuatan super, bisa menggandakan diri dan memperbesar diri. Kisah-kisah Sri Asih tidak hanya berlokasi di Indonesia tapi juga sampai ke Singapura dan Macao.

Serial Sri Asih :

  1. Sri Asih di Singapura
  2. Sri Asih di Surabaya
  3. Sri Asih vs Si Mata Seribu
  4. Sri Asih di Macao
  5. Sri Asih vs Komplotan Kawa-kawa
  6. Sri Asih vs Gerombolan
  7. Sri Asih vs Serigala Hitam

Bagi yg sudah mengenal Sri Asih, tentunya sudah tidak asing lagi bahkan skrg kita merindukannya.... Bagi generasi muda yang belum mengenal Sri Asih, mari kita kenal lebih jauh lagi tokoh pahlawan Indonesia, karangan bapak R.A Kosasih....

*mari juga kita doakan utk kesembuhan bapak R.A Kosasih* ^___^

Sumber:

http://www.facebook.com/note.php?note_id=431544256363&id=100000363494409&ref=mf

No comments:

Berita Antar Dunia

Pusat Berita Dunia-Dunia