Selamat Datang, Para Penjelajah!

Bersiaplah untuk menjelajahi dunia ciptaan imajinasi dari para pencipta dunia dari Indonesia. Dunia-dunia penuh petualangan, keajaiban dan tentunya konflik antara kebaikan dan kejahatan. Maju terus para penulis fantasi Indonesia! Penuhi Takdirmu!

Fantasy Worlds Indonesia juga adalah blog resmi dari serial novel, komik, game dan multimedia FireHeart dan Evernade karya Andry Chang yang adalah versi Bahasa Indonesia dari NovelBlog berbahasa Inggris Everna Saga (http://fireheart-vadis.blogspot.com) dan FireHeart Saga (http://fsaga.blogspot.com)

Rubrik Utama Fantasindo

08 March 2009

Tanya-Jawab FireHeart - Bagian 2

1. Mengapa dibuat dengan Bahasa Inggris terlebih dulu?

Karena settingnya mirip Eropa Abad Pertengahan, jadi lebih realistis bilamana bahasa dan budayanya disesuaikan dengan geografi setempat, juga lebih konsisten dalam penamaan.

Gaya bahasa modern (dan agak gaul) dan vocabulary yang mudah dimengerti dan dicerna itu juga jadi faktor pendukung.


2. Adakah pesan moral yang mendidik dalam novel ini?

Selain pesan yang tersirat dalam tema, kebanyakan disampaikan dari hubungan dan konflik antar karakter dan bagaimana cara masing-masing tokoh memandang dan menyelesaikan masalah dan konflik yang dihadapinya tersebut. Solusi-solusi itulah yang diharapkan dapat menginspirasi pembaca untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Contohnya: Konflik antara ayah dan anak: Rollo dan Ivor, Robert yang dendam pada kaum Orc dan terjebak dalam cinta pada wanita yang statusnya terlalu jauh di atasnya, Christopher yang punya problem krisis kepercayaan diri dan konflik2 yang disebabkan oleh kasus pencurian kasut mithril.


3. Darimana saja anda mendapat inspirasi?

- Dari novel-novel fiksi fanasi dan karya-karya klasik yang saya baca, seperti Lord of the Rings, Eragon dsb.

- Dari game-game dan film-film yang bertema fantasi seperti Final Fantasy, Ragnarok, Seal, Risk Your Life, Getamped, Record of Lodoss War, Arc the Lad, komik2 silat karya Tony Wong dan masih banyak lagi.


4. Apa saja hambatan-hambatan yang sering anda jumpai dalam penulisan novel?

- Hambatan utama adalah waktu. Kadangkala saya menemui kesulitan mencari waktu senggang dan suasana yang rileks untuk menulis di sela-sela kegiatan- kegiatan saya yang lain: seperti pekerjaan dan kegiatan2 hubungan sosial.

- Seperti dalam kata pengantar: Memvisualisasikan citra dari otak kita ke dalam bentuk tulisan, karena pada prinsipnya otak berespon lebih cepat pada gambar daripada pada tulisan. Background saya yang jauh dari dunia sastra dan belum konsistennya penggunaan teknik-teknik penulisan yang umum (“Show, don’t tell”) juga ikut jadi faktor penghambat yang signifikan.

No comments:

Berita Antar Dunia

Pusat Berita Dunia-Dunia