Selamat Datang, Para Penjelajah!

Bersiaplah untuk menjelajahi dunia ciptaan imajinasi dari para pencipta dunia dari Indonesia. Dunia-dunia penuh petualangan, keajaiban dan tentunya konflik antara kebaikan dan kejahatan. Maju terus para penulis fantasi Indonesia! Penuhi Takdirmu!

Fantasy Worlds Indonesia juga adalah blog resmi dari serial novel, komik, game dan multimedia FireHeart dan Evernade karya Andry Chang yang adalah versi Bahasa Indonesia dari NovelBlog berbahasa Inggris Everna Saga (http://fireheart-vadis.blogspot.com) dan FireHeart Saga (http://fsaga.blogspot.com)

Rubrik Utama Fantasindo

27 October 2018

Hikayat Buana - Ciayo Comics Review by Andry Chang


HIKAYAT BUANA
Komik Ciayo Class oleh Ifnarta dan Kismandana
https://www.ciayo.com/id/comic/hikayat-buana
Review oleh Andry Chang

Nah, seperti biasa sorotan pertama pada komik tentu di gambarnya dulu. Permainan efek dan pewarnaan komik sudah cukup matang, desain karakter dan flow aksinyapun cukup bisa dinikmati dalam lingkup komedi. Sudah matang untuk ukuran Ciayo Class. Benar2 terasa serunya.

Yang agak mengganggu selera saya hanya kesesuaian antara kostum, penamaan dan background. Bayangkan saja, kostum bergaya eropa dan arsitektur eropa abad pertengahan tapi nama2 dan monster2 sebagian mirip dengan pakem Nusantara.

Oke, penulis bisa saja kembali ke prinsip "Segala hal itu halal di dunia fantasi." Sekadar saran, berdasarkan pengalaman dunia fantasi itu benar2 nikmat bila segala detilnya selaras dengan dunia nyata, yaitu Bumi.

Variasi perlu, tapi bisa dibuat lebih keren saja daripada versi tradisionalnya. Misalnya campuran gaya kostum Eropa dengan Tana Toraja. Kalau kostumnya Eropa total tapi gamenya bertema Nusantara atau Tana Toraja, pembaca awampun bisa jadi akan merasa janggal.

Mungkin akan lebih meyakinkan kalau gamenya bernama misalnya "Everna Online" dengan tema global, dan cerita dipusatkan di server baru di wilayah mirip Nusantara.

Soal cerita, saya tahu ada banyak variasi dari tema "dunia virtual-reality game" ini, termasuk dari karya saya sendiri. Namun, sampai episode 5 belum ada potensi konflik yang masif yang diceritakan. Bisa jadi karena ada hacker, bug, virus dsb.

Tapi tak apa, toh cerita saya tentang para pemburu monster juga mendetilkan misi2 dari yang mudah dulu. Bedanya, potensi konflik masif sudah saya beri petunjuknya di prolog/bab pertama, jadi pembaca sudah dibuat penasaran dulu sejak awal.

Jadi secara keseluruhan atau dari segi aksi saja kisah Hikayat Buana ini bisa saja menjadi selingan dan cemilan yang renyah bagi yang suka nongkrong cukup lama di situs #CiayoComics #KomikCiayo. Good luck dan sukses terus untuk ke depannya.

-------------------------

Jika aku menjadi CEO CIAYO Comics, maka aku akan mencoba lagi merediscover soft skill saya dari pengalaman dulu, untuk masa depan.

No comments:

Berita Antar Dunia

Pusat Berita Dunia-Dunia