Selamat Datang, Para Penjelajah!

Bersiaplah untuk menjelajahi dunia ciptaan imajinasi dari para pencipta dunia dari Indonesia. Dunia-dunia penuh petualangan, keajaiban dan tentunya konflik antara kebaikan dan kejahatan. Maju terus para penulis fantasi Indonesia! Penuhi Takdirmu!

Fantasy Worlds Indonesia juga adalah blog resmi dari serial novel, komik, game dan multimedia FireHeart dan Evernade karya Andry Chang yang adalah versi Bahasa Indonesia dari NovelBlog berbahasa Inggris Everna Saga (http://fireheart-vadis.blogspot.com) dan FireHeart Saga (http://fsaga.blogspot.com)

Rubrik Utama Fantasindo

17 December 2014

Mistipedia - Para Legenda Musim Dingin: Frau Perchta dan La Befana


MISTIPEDIA 
TOKOH-TOKOH LEGENDA MUSIM DINGIN
FRAU PERCHTA

Nama Lain : Perchta, Berchta, Bertha, Beraht, Bereht
Arti Nama : Wanita (Frau) Yang Sangat Terang (Perchta)
Ras : Dewi Pagan, Spirit, Tukang Sihir
Peran : Penjaga hewan-hewan buas dan pengawas para gadis pemintal
Asal : Jerman Selatan
Dipercayai oleh : Masyarakat Jerman dan Austria
Waktu Operasional : 25 Desember – 6 Januari

Frau Perchta adalah dewi agama pagan Jerman Selatan yang kisahnya bertahan sampai saat ini. Dia biasa digambarkan sebagai wanita (berwajah buruk rupa) yang bertugas mengawasi hewan-hewan buas serta pekerjaan memintal benang. Kaki Frau Perchta lebih besar daripada manusia kebanyakan dan biasanya ia mengenakan gaun putih saat berkeliling pada hari-hari antara tanggal 25 Desember sampai 6 Januari.

Pada masa-masa Natal ini, masyarakat biasanya menyediakan makan malam berupa masakan ikan dan bubur gandum untuk menyenangkan Frau Perchta. Saat Frau Perchta memasuki suatu rumah biasanya ia akan mencari mana anggota keluarga yang bersikap rajin sepanjang tahun dan mana yang bersikap malas. Bagi yang rajin, Frau Perchta akan meletakkan koin perak di sepatu atau ember milik anggota keluarga tersebut. Tapi jika dia menemukan orang malas, Frau Perchta akan membedah perut si malas lalu mengeluarkan isi perut sang korban dan menjejalkan jerami serta kerikil ke dalamnya. Aksi ‘membedah perut tanpa surat persetujuan’ ini juga akan ia lakukan jika keluarga tersebut tidak menghidangkan masakan ikan dan bubur gandum pada periode 24 Desember – 6 Januari.

==TRIVIA==
• Frau Prechta memiliki dua wujud, yang satu adalah wanita buruk rupa berkaki besar, dan yang satu lagi adalah wanita cantik.
• Frau Prechta memiliki simpati khusus kepada gadis dan wanita yang harus tetap bekerja sampai akhir tahun.

REFERENSI :
http://en.wikipedia.org/wiki/Perchta
http://mentalfloss.com/article/54184/9-legendary-monsters-christmas
http://en.wikipedia.org/wiki/Epiphany_(holiday)
Sumber Gambar : www.sagenwelten.org


 
 

MISTIPEDIA 
TOKOH-TOKOH LEGENDA MUSIM DINGIN 
LA BEFANA

Nama Lain : Babbo Natale, Strina
Ras : Penyihir / Immortales (Kaum Abadi)
Negara Asal : Italia
Waktu Operasi : Malam Epifani (5 Januari).

Dalam banyak film atau cerita bergambar, Santa Klaus biasanya digambarkan sebagai pria tua berjanggut yang mengantar hadiah ke seluruh anak di seluruh dunia pakai kereta yang ditarik 9 ekor rusa kutub dan setiap kali mengantar hadiah pakai aksi masuk lewat cerobong asap.

Yah ... Santa Klaus bukan satu-satunya ‘orang kurang kerjaan’ yang hobi ngantar hadiah pakai masuk cerobong asap, ada satu lagi tokoh yang hobinya masuk rumah lewat cerobong asap yakni La Befana.

La Befana punya kegiatan yang mirip dengan Santa Klaus : mengantar hadiah ke anak-anak. Bedanya dia beroperasi pada malam Epifani (perayaan datangnya para Majus), bukan malam Natal, dan alat transportasinya pakai sapu terbang.

==ETIMOLOGI==
La Befana diduga mendapatkankan namanya dari dewi Roma-Sabine kuno bernama Strina. Dewi Strina ini punya karakter yang sama dengan Befana, yakni membagi-bagikan hadiah pada awal tahun. Hadiah dari Strina berupa buah ara, kurma, dan madu. Hampir sama dengan Befana yang memberikan hadiah berupa makanan manis.

==LEGENDA==
Kisah La Befana agak berhubungan dengan tiga orang Majus (Kaspar – dari India, Melkior – dari Persia, dan Balthazar – dari Jazirah Arab) yang mengunjungi kanak-kanak Yesus. Dikisahkan dalam perjalanan mereka, mereka sempat mampir ke Italia. Pada saat itu mereka bermalam di rumah La Befana, karena rumah La Befana adalah rumah terbaik di desa yang mereka lewati. Para Majus bertanya pada La Befana soal Bintang Timur yang jadi acuan para Majus untuk datang ke Betlehem, tapi La Befana tidak tahu banyak namun bersedia menyediakan tempat bermalam bagi tiga orang Majus.

Saat esok paginya para Majus mengajak La Befana untuk ikut bersama mereka ke Betlehem, La Befana menolak untuk ikut karena dia masih punya banyak kesibukan. Namun setelah para Majus pergi, La Befana tiba-tiba berubah pikiran dan mulai mencari-cari keberadaan kanak-kanak Yesus meski usahanya akhirnya gagal. La Befana tidak pernah menemukan kanak-kanak Yesus sampai saat ini. Dan guna ‘menebus kesalahannya’ di masa lalu, setiap malam Epifani (perayaan datangnya para Majus ke hadapan kanak-kanak Yesus), La Befana akan berkeliling dunia dengan membawa sekarung penuh hadiah berupa permen karamel, mainan, atau buah-buahan (untuk anak-anak yang berlaku baik sepanjang tahun) atau bawang putih, bawang merah, dan batu bara (untuk anak-anak yang berlaku jelek sepanjang tahun).

Versi lain mengatakan bahwa La Befana mulanya adalah ibu dari seorang anak laki-laki namun suatu hari anaknya ini meninggal, membuat La Befana terjerumus dalam kondisi yang lazim disebut : ‘kegilaan’. Saat mendengar bahwa kanak-kanak Yesus telah lahir, ia segera menuju ke tempat Yesus karena mengira Yesus adalah anaknya. Di hadapan kanak-kanak Yesus, ia memberikan banyak hadiah guna menyenangkan hati anak itu. Kanak-kanak Yesus senang dengan pemberian La Befana dan memberi berkat pada wanita itu dengan mengatakan bahwa ia akan menjadi ibu dari semua anak-anak di Italia. Sejak saat itu, La Befana selalu berkeliling Italia sambil menaiki sapu terbangnya guna memberikan hadiah kepada anak-anak di Italia.

La Befana biasanya mengenakan pakaian compang-camping dan penuh jelaga (karena dia bolak-balik masuk cerobong asap ) dan menaiki sapu terbang serta memanggul karung hadiah di punggungnya. Meski teorinya anak baik dapat hadiah permen dan anak nakal dapat hadiah arang atau batu bara, pada prakteknya tidak ada anak yang benar-benar nakal atau benar-benar baik sehingga La Befana lebih sering memasukkan permen karamel hitam ke kaos kaki anak-anak itu.

Orangtua dari anak-anak yang akan dikunjungi biasanya akan menyiapkan segelas kecil wine dan sedikit makanan untuk La Befana. Kadang juga mereka menyediakan sapu karena La Befana punya kebiasaan menyapu rumah yang dia kunjungi sebagai simbol penghapusan semua hal buruk dari tahun yang telah berlalu.

==TRIVIA==
• Anak yang memergoki kedatangan La Befana akan dapat ‘hadiah’ gebukan dari sapu terbang La Befana.
• La Befana punya wajah yang lumayan jelek tapi dia juga murah senyum.
• La Befana berbagai karakteristik yang mirip dengan Frau Perchta, bedanya dia tidak pernah bedah perut orang sembarangan .
• La Befana berbagi karakteristik yang mirip pula dengan legenda Majus Keempat : Artaban (Artiban), seorang magi dari Persia yang konon juga turut mencari kanak-kanak Yesus namun gagal menemui kanak-kanak Yesus. Bedanya Artaban akhirnya berhasil menemui Yesus setelah Yesus dewasa dan Artaban akhirnya meninggal di Yerusalem sementara La Befana terus hidup sampai saat ini.

==Referensi==
http://en.wikipedia.org/wiki/Biblical_Magi#Names
http://en.wikipedia.org/wiki/Befana
http://monteverdituscany.com/italian-christmas-traditions-the-legend-of-la-befana/
http://en.wikipedia.org/wiki/The_Other_Wise_Man
 
Sumber semua artikel ini dari:

#FICTIONARY – INTO THE DARKNESS

No comments:

Berita Antar Dunia

Pusat Berita Dunia-Dunia