Selamat Datang, Para Penjelajah!

Bersiaplah untuk menjelajahi dunia ciptaan imajinasi dari para pencipta dunia dari Indonesia. Dunia-dunia penuh petualangan, keajaiban dan tentunya konflik antara kebaikan dan kejahatan. Maju terus para penulis fantasi Indonesia! Penuhi Takdirmu!

Fantasy Worlds Indonesia juga adalah blog resmi dari serial novel, komik, game dan multimedia FireHeart dan Evernade karya Andry Chang yang adalah versi Bahasa Indonesia dari NovelBlog berbahasa Inggris Everna Saga (http://fireheart-vadis.blogspot.com) dan FireHeart Saga (http://fsaga.blogspot.com)

Rubrik Utama Fantasindo

20 February 2014

Mitospedia Nordik - Yggdrasil


 
YGGDRASIL – POHON KEHIDUPAN

==YGGDRASIL==
Di tengah-tengah Asgard – rumah bagi para Æsir – membentang sebuah pohon ash (Fraxinus sp. – http://en.wikipedia.org/wiki/Fraxinus) yang bernama Yggdrasil. Yggdrasil adalah pohon kehidupan, daunnya selalu hijau sepanjang masa dan cabang-cabangnya menghubungkan sembilan dunia antara lain :
• Asgard, rumah para Æsir.
• Vanaheim, tanah para Vanir.
• Alfheim, tanah para Elf Putih.
• Di tengah-tengah Yggdrasil membentang Midgard "Dunia Tengah", rumah bagi para manusia. Midgard terhubung dengan Asgard oleh Bifrost – Jembatan Pelangi.
• Jotunheim, tanah para raksasa.
• Svartalfheim, tempat tinggal bagi Elf Hitam.
• Nidavellir, rumah para Dwarf, masih dalam satu wilayah dengan Svartalfheim
• Niflheim di sisi utara, dan di bawah Niflheim terbentang Helheim – rumah bagi jiwa-jiwa yang sudah mati.
• Muspelheim – tanah api – di selatan, rumah bagi raksasa api dan iblis.

Yggdrasil memiliki tiga akar utama. Akar pertama berakhir di sebuah mata air bernama Sumur Urd yang menjadi tempat pertemuan rutin bagi para Æsir serta tempat tinggal bagi Norn (dewi-dewi takdir). Akar kedua Yggdrasil melewati Jotunheim – rumah bagi para raksasa es. Beberapa Æsir sebenarnya berasal dari Jotunheim, termasuk di antaranya Frigg – istri Odin, Skadi – dewi musim dingin, dan Loki. Akar kedua ini berakhir di sumur Mimir – tempat Odin mengorbankan satu matanya untuk mendapat pengetahuan mengenai sihir. Akar ketiga Yggdrasil berakhir di Niflheim dan berakhir di mata air Hvergelmir. Di sinilah hidup naga Nidhug (Nidhogg) berdiam dengan melilitkan tubuhnya ke akar itu sembari menghirup darah dari orang-orang mati yang jatuh ke Niflheim atau Helheim.

Di puncak Yggdrasil hidup dua elang. Yang lebih besar dan berwarna putih bernama Vidofnir, sementara yang satu lagi yang berwarna hitam dan berukuran lebih kecil bernama Verfolne. Di batang Yggdrasil hidup pula seekor tupai bernama Ratatosk. Setiap kali Nidhogg berbicara yang jelek-jelek mengenai Vidofnir, Ratatosk akan menyampaikannya pada Vidofnir, begitupun sebaliknya. Jika naga dan elang ini sedang dalam suasana ‘damai’, Ratatosk akan menyebar gosip dan fitnah sehingga permusuhan antar kedua makhluk ini akan terus berlangsung.

==TIGA NORN – TAKDIR==
Di mata air Urd, tinggallah tiga dewi yang disebut sebagai Norn. Mereka tidak termasuk golongan Vanir ataupun Æsir, mereka adalah dewi-dewi pengatur takdir. Nama mereka adalah Urd (masa lalu), Verdani / Verdandi (masa kini), dan Skuld (masa depan). Sebagian besar waktu mereka digunakan untuk memintal benang kehidupan guna memutuskan takdir untuk setiap manusia, setiap dewa, setiap binatang, dan para raksasa. Setiap kali seorang anak lahir, para Norn menentukan takdir anak tersebut di benang yang mereka bawa. Tiga Norn ini juga punya kewajiban untuk memulai sebuah hari dengan menempatkan seekor ayam jago di puncak Yggdrasil.

Kokok ayam jago itu akan membangunkan setiap manusia dan dewa. Setiap hari pula para Norn akan mengambil air dari mata air Urd dan menyiramkannya ke Yggdrasil guna menjaganya tetap hijau dan sehat. Norn memiliki kuasa melampaui dewa-dewi dan para raksasa sekalipun. Karena itu untuk menyenangkan hati para Norn, orang-orang Viking yang baru saja memiliki seorang bayi biasa menyediakan bubur khusus bagi sang ibu yang baru saja bersalin. Bubur ini dinamakan ‘Bubur Norn’ dan bubur ini juga sebentuk persembahan kepada para Norn. Mereka berharap dengan persembahan itu, Norn akan memberkahi kesehatan dan umur panjang bagi sang ibu dan bayinya.
 
Sumber artikel: Facebook Group Le Chateau de Phantasm 

No comments:

Berita Antar Dunia

Pusat Berita Dunia-Dunia