Selamat Datang, Para Penjelajah!

Bersiaplah untuk menjelajahi dunia ciptaan imajinasi dari para pencipta dunia dari Indonesia. Dunia-dunia penuh petualangan, keajaiban dan tentunya konflik antara kebaikan dan kejahatan. Maju terus para penulis fantasi Indonesia! Penuhi Takdirmu!

Fantasy Worlds Indonesia juga adalah blog resmi dari serial novel, komik, game dan multimedia FireHeart dan Evernade karya Andry Chang yang adalah versi Bahasa Indonesia dari NovelBlog berbahasa Inggris Everna Saga (http://fireheart-vadis.blogspot.com) dan FireHeart Saga (http://fsaga.blogspot.com)

Rubrik Utama Fantasindo

11 December 2012

Olympus - Luckty Review

REVIEW Olympus: Kisah dari Negeri Para Dewa

by Luckty Giyan Sukarno


Awalnya hanyalah kehampaan. Kosong tak berbentuk. Chaos sang dewa tanpa bentuk sendirian dalam keadaan tak beraturan ini. Kesepian, iapun menciptakan Nyx sang dewi malam untuk menemani dirinya.

Chaos dan Nyx, yang satu tanpa bentuk dan yang lainnya hitam pekat. Tentu tak ada kebahagiaan yang memancar. Chaos menjadi jemu, begitupula dengan Nyx. Untunglah kemudian hadir anak mereka, Erebus, sang dewa gelap.

Erebus dewasa mengkudeta Chaos. Sang ayah dikurungnya dan ia pun mengawini Nyx, ibunya sendiri. Kemudian Erebuslah yang berkuasa didampingi ibu sekaligus permaisurinya, Nyx.

Keduanya kemudian memiliki anak. Aether sang dewa cahaya dan Hemera sang dewi siang. Kekelaman harus digantikan cahaya terang. Mereka merebut kekuasaan dari orangtua mereka.

Mereka memiliki seorang anak, Agape sang dewa asmara. Dengan dibantu anaknya ini mereka menciptakan bumi dan dewi bumi, Gaia. Juga Pontus, atau lautan yang mengisi sebagian besar permukaan bumi.

Mereka juga menciptakan dunia bawah yang berada jauh di dalam perut bumi, yang di sana terdapat neraka Tartarus sebagai tempat pengasingan Chaos dan leluhur mereka, Erebus dan Nyx.

Bumi yang tak ditumbuhi dan dihuni apapun terasa sunyi dan gersang. Melihat keadaan ini, Agape tidak tinggal diam, diambilnya sebuah anak panah miliknya dan ditembakkannya ke permukaan bumi. Dalam sekejap mata bumi pun ditumbuhi beraneka ragam tanaman dan dipenuhi berbagai jenis binatang.

Sang dewi bumi, Gaia melengkapi semuanya dengan melahirkan sendiri Uranus, sang dewa langit. Gaia kemudian menikah dengan anaknya ini. Uranus dan Gaia menjadi dewa-dewa pertama yang memerintah di muka bumi. Dari pasangan inil lahirlah para dewa yang kelak akan memerintah dunia dan dari sinilah bermula kisah ini akan dimulai..

Sungguh, tak ada makhluk yang paling aneh daripada para dewa mitologi.

Rangkaian satu cerita ke cerita lain berkaitan, semacam cerita berbingkai. Saya amat antusias membaca buku ini. Jujur, kita memang tak asing mendengar nama dewa-dewa seperti Hermes, Eros, Zeus, dan lain-lain. Saya tidak tahu detail sejarah mereka. Nah, sehabis membaca buku inilah ada banyak pengetahuan tentang para dewa. Seperti sungguh playboynya Zeus. Bayangkan sepertinya dia tidak bisa sedikit saja untuk tahan dengan pesona perempuan.

“Sejak pertama kali memandangmu, aku langsung jatuh cinta.” (hlm. 30)

Leto adalah anak perempuan pasangan Titan dan Titanida, Coeus dan Phoebe. Ia adalah kekasih lama Zeus sebelum ia menikah dan mengangkat Hera sebagai permaisuri. (hlm. 27)

Rupanya kecantikan Europa, anak Raja Agenor dan Ratu Telephassa dari Kerajaan Sidon itu terdengar hingga ke telinga Zeus. Sang mahadewa pun jadi penasaran dan ingin membuktikannya sendiri. (hlm. 29)

Semele, putri Raja Cadmus dari Kerajaan Thebe terkenal kecantikannya. Zeus yang mendengar kabar itu ingin membuktikannya. (hlm. 33)

Zeus jatuh cinta lagi pada seorang manusia. Gadis itu bernama Callisto, anak raja Lycaon dari Arcadia. (hlm. 45)

Zeus lagi-lagi jatuh cinta pada manusia biasa. Kali ini ia jatuh cinta pada Io, putri raja Argos. Zeus menyamar seperti biasa, turun ke bumi dan merayu gadis cantik itu. Agar tidak terlihat oleh Hera, ia membuat awan tebal menutupi bumi. (hlm. 71)

Amphitryon memiliki istri yang cantik jelita, Alcmene namanya. Kecantikan wanita ini menarik perhatian Zeus. Maka sang mahadewa mencari akal untuk dapat mendekati Alcmene. (hlm. 93)

Awal mula alasan diciptakannya manusia perempuan yang dibuat oleh Athena, dewi kebijaksanaan:

Manusia yang ada sekarang ini hanya laki-laki, maka sebaiknya kita ciptakan manusia perempuan sebagai godaan mereka.

Dengan diciptakannya manusia perempuan, justru manusia akan dapat berkembang biak. Dan ini kelak akan membuat mereka menguasai muka bumi dan membuat kerusakan.

Justru dengan adanya perempuan maka menjadi ujian bagi manusia. Manusia perempuan memang akan membuat umat manusia berkembang biak, namun ia juga bisa membuat terjadi berbagai pertikaian di antara umat manusia. Ini akan menjadi hukuman terbaik bagi mereka.


Ada juga asal mula ada istilah kotak Pandora, kisah cinta Eros yang selama ini kita hanya mengenalnya sebagai pemanah cinta, betapa cantiknya Aphrodite, dua belas tugas Heracles, kisah tragis Narcissus yang amat mencintai dirinya sendiri, dan masih banyak lagi kisah dewa-dewa yang terungkap dalam buku ini.

Keterangan Buku:
Judul                            : Olympus: Kisah dari Negeri Para Dewa
Penulis                          : Anton WP
Ilustrasi cover               : Isthis Comic
Layout & grafis : Yudhi
Penerbit                        : Katta
Terbit                           : Januari 2010
Tebal                            : 244 hlm.

Sumber artikel:
http://www.facebook.com/notes/luckty-giyan-sukarno/review-olympus-kisah-dari-negeri-para-dewa/10151114115292693

No comments:

Berita Antar Dunia

Pusat Berita Dunia-Dunia