Selamat Datang, Para Penjelajah!

Bersiaplah untuk menjelajahi dunia ciptaan imajinasi dari para pencipta dunia dari Indonesia. Dunia-dunia penuh petualangan, keajaiban dan tentunya konflik antara kebaikan dan kejahatan. Maju terus para penulis fantasi Indonesia! Penuhi Takdirmu!

Fantasy Worlds Indonesia juga adalah blog resmi dari serial novel, komik, game dan multimedia FireHeart dan Evernade karya Andry Chang yang adalah versi Bahasa Indonesia dari NovelBlog berbahasa Inggris Everna Saga (http://fireheart-vadis.blogspot.com) dan FireHeart Saga (http://fsaga.blogspot.com)

Rubrik Utama Fantasindo

08 November 2014

Monstropedia Everna - Nephilim


 
NEPHILIM – PARA PERKASA KETURUNAN MALAIKAT

Nama Lain : Nefilim
Arti Nama : Raksasa, Makhluk Yang Menakjubkan, Atau Makhluk Yang Terbuang
Ras : Persilangan Malaikat (Grigori) Dan Manusia
Status Di Dunia Nyata : Kayaknya Sudah Punah
Status Di Dunia Fantasi : Belum Punah Karena Banyak Novelis Dan Sineas Yang Kepincut Sama Ekostisme Mereka
Dipercayai Oleh : Gereja Orthodox Ethiophia dan Beberapa Sekte Mistik Yahudi

==VERSI KITAB PERJANJIAN LAMA DAN KITAB-KITAB APOKRIF==

Tanyakan soal Nephilim pada ahli-ahli kitab suci orang Kristen, maka jawaban yang bakal kita terima pasti bakal berbeda satu dengan yang lainnya. Wajar! Soalnya Kitab Perjanjian Lama hanya menyebutkan soal ras ini dua kali dan biasanya mereka cuma disebut sebagai ‘raksasa’. Tetapi versi Yahudi menyebut mereka sebagai Nephilim. Berikut Mimin cuplikkan terjemahan versi Torah (kitab Yahudi) :

“Para Nephilim ada di bumi saat itu dan juga sesudah hari itu, saat putra-putra Tuhan (Grigori) datang kepada putri-putri manusia, dan dari mereka (putri-putri manusia) melahirkan anak-anak bagi mereka (Grigori); anak-anak ini adalah orang-orang gagah perkasa pada zaman purbakala, orang-orang yang ternama.”
(Kejadian 6 : 4)

“Dan di sana kami melihat kaum Nephilim, putra-putra dari Anak, yang berasal (atau keturunan) dari Nephilim; Dibandingkan dengan mereka kami tak ubahnya seperti belalang, dan pasti begitu pulalah anggapan mereka atas kami.”
(Bilangan 13:33)

Bentuk asli Nephilim adalah manusia raksasa. Tidak jelas seberapa tinggi mereka tapi jelas sekali ukuran mereka membuat orang-orang pada masa itu menjadi merasa terintimidasi. Kitab-kitab apokrif yang ditemukan beberapa tahun pasca penentuan kitab resmi oleh otoritas gereja di Roma dan Konstantinopel memberi kita beberapa keterangan baru soal mereka. Gulungan Laut Mati dari daerah Qumran memberi keterangan bahwa mereka adalah anak keturunan Seth – putra Adam dan Hawa selain Kain dan Habel – yang melanggar perintah Tuhan dengan mengawini anak-anak Kain. Kitab Henokh secara tidak langsung menyatakan bahwa Nephilim adalah keturunan para Grigori dan wanita manusia.

Nephilim sendiri konon dimusnahkan pada saat air bah (alasannya tidak jelas, namun kebanyakan penggemar mitologi menyatakan bahwa mereka dimusnahkan karena melanggar hukum dan kodrat alam) meski tampaknya beberapa dari mereka tetap tersisa pada masa ketika Musa membawa bangsa Israel keluar dari Mesir karena mereka (atau keturunan mereka) disebutkan dalam kitab Bilangan.

==DALAM MEDIA POPULER==
Nephilim jadi inspirasi bagi banyak insan industri kreatif, baik sebagai nama band, tokoh novel dan film, serta tokoh video game. Karena atribut mereka yang misterius dan tidak jelas, insan industri kreatif bebas mengutak-atik soal Nephilim ini. Hasilnya? Rata-rata Nephilim digambarkan sebagai manusia berkekuatan malaikat seperti dalam seri novel The Fallen dan The Mortal Instruments, ada juga yang memceritakan bahwa mereka merupakan persilangan malaikat dan iblis seperti pada game DmC : Devil May Cry, dan ada pula penulis yang tetap ikut pada pakem anak malaikat dan manusia meski kekuatannya nggak ‘wah’ banget seperti dalam film The Propechy 3.

Apakah Fantasianers tertarik untuk menciptakan karakter Nephilim versi Fantasianers sendiri?

==TRIVIA==
• Dalam Kitab Henokh, keturunan Nephilim disebut dengan Elioud.
• Tidak semua orang Yahudi percaya akan Nephilim. Para Yahudi Orthodox menolak keberadaan mereka sebagai persilangan malaikat dan manusia.

Referensi
http://en.wikipedia.org/wiki/Nephilim
http://powerlisting.wikia.com/wiki/Nephilim_Physiology
http://www.bibleprobe.com/nephilim.htm
http://tvtropes.org/pmwiki/pmwiki.php/Main/Nephilim
http://www.gotquestions.org/Nephilim.html

Sumber Gambar : www.wallpapernono.com
 
 

No comments:

Berita Antar Dunia

Pusat Berita Dunia-Dunia