Selamat Datang, Para Penjelajah!

Bersiaplah untuk menjelajahi dunia ciptaan imajinasi dari para pencipta dunia dari Indonesia. Dunia-dunia penuh petualangan, keajaiban dan tentunya konflik antara kebaikan dan kejahatan. Maju terus para penulis fantasi Indonesia! Penuhi Takdirmu!

Fantasy Worlds Indonesia juga adalah blog resmi dari serial novel, komik, game dan multimedia FireHeart dan Evernade karya Andry Chang yang adalah versi Bahasa Indonesia dari NovelBlog berbahasa Inggris Everna Saga (http://fireheart-vadis.blogspot.com) dan FireHeart Saga (http://fsaga.blogspot.com)

Rubrik Utama Fantasindo

19 December 2013

Mitospedia - Seth, Dewa Badai


SET – DEWA BADAI
Mitologi Mesir Kuno


Nama lain : Seth, Setekh, Sutekh, Sut, Suty, Dewa Merah
Peran : Dewa badai, dewa padang pasir, simbol kejahatan, kekacauan, Pharaoh Mesir Atas.

“Aku Set, yang terkuat di antara para dewa. Setiap hari aku membantai musuh-musuh Ra di ujung kapal matahari, sesuatu yang bahkan dewa-dewi lain tak berani melakukannya.”
-Set-

Set adalah dewa yang biasanya digambarkan sebagai manusia berkepala anjing ajag, atau lelaki Mesir dengan rambut merah. Kadang ia juga digambarkan dalam rupa kuda nil merah, babi hutan, atau ular, sesuai dengan salah satu kemampuannya : berubah wujud. Di awal kemunculannya, Set adalah dewa utama masyarakat Mesir Atas (Mesir Selatan). Disembah sebagai dewa badai dan penguasa padang pasir, Set dikenal sebagai putra Geb dan Nut yang pada mulanya melindungi Ra saat menjelajahi Duat bersama dewa-dewa lainnya. Memasuki Dinasti Ketiga, Mesir Atas dan Mesir Bawah disatukan di bawah satu pharaoh. Pada saat inilah antagonisasi Set mulai terjadi dan ‘Legenda Osiris’ mulai muncul.

=LEGENDA=
Kisah legenda Osiris dimulai dari kisah bagaimana Set, yang semula adalah pengawal Ra dalam perjalanan melintasi Duat ‘dibebastugaskan’ oleh Ra karena Set merasa tidak diperlakukan secara layak dan secara tidak sengaja mengancam Sang Dewa Matahari bahwa ia akan melepaskan badai ke arah Sang Dewa Matahari sebagai bentuk ‘protesnya’. Kesalahan fatal! Alih-alih didengarkan protesnya, Ra justru membebastugaskan Set dari tugas pengawalan dan memilih dewa-dewi lain untuk mengawal perjalanannya ke Duat secara bergantian.

Cerita ‘Legenda Osiris’ beralih ke dunia manusia di mana Set, Isis, dan Osiris, turun ke dunia manusia dan menyelenggarakan sebuah pemerintahan di Mesir. Namun karena iri pada kepopuleran Osiris, Set membunuh Osiris kemudian memburu Isis dan Horus meskipun akhirnya Isis dan Horus diselamatkan oleh Nepthys – yang notabene adalah istrinya sendiri. Set berkuasa atas Mesir, menggantikan Osiris, selama bertahun-tahun sampai suatu ketika Isis membawa kembali jasad Osiris dari Biblos. Set yang menemukan jasad saudaranya lagi langsung memotong jasad Osiris menjadi 14 bagian. Ia tidak tahu bahwa Isis kemudian mengembara lagi ke seluruh Mesir untuk kembali menyatukan jasad Osiris.

Ketika Horus telah beranjak dewasa, Ra – dewa matahari – turun kembali ke dunia dan membentuk sebuah kerajaan tandingan di bawah pimpinan pharaoh Ra-Horakhty (yang sebenarnya adalah Ra sendiri). Kerajaan tandingan ini berseteru dengan kerajaan yang dipimpin oleh Set selama bertahun-tahun dan Horus adalah salah satu prajurit Ra-Horakhty.

Pada masa-masa awal perseteruan, Horus dan Set tidak pernah saling berduel satu-lawan-satu, tapi ketika pasukannya mulai habis, Set dan Horus mulai berhadap-hadapan secara langsung. Kadang Set unggul, kadang Horus yang unggul. Setidaknya Set pernah mencabik satu mata Horus sehingga Thoth harus mengganti mata Horus dengan mata lain yang beda warna, sementara Horus sendiri pernah mencabik ‘adik kecil’ Set sehingga konon sejak itu dewa ini menjadi impoten.

Set memiliki tiga istri : Nepthys – yang melahirkan Anubis, Tawaret – dewi kuda Nil yang kemudian memihak Osiris, serta Neith – dewi perburuan, yang melahirkan Sobek (dewa buaya). Dari ketiga istri Set, hanya Neith yang ‘memihak’ pada Set. Ketika para dewa (diwakili Thoth dan Ptah) mencoba mendamaikan konflik Horus dan Set, Nepthys berdiri di pihak Horus dan mendesak Set untuk mengembalikan takhta Osiris pada Horus. Namun Neith berujar, “Set harus mengembalikan istana Osiris pada Horus, jangan melakukan ketikadilan lagi atau aku akan buat langit runtuh menimpa seluruh Mesir. Tapi Amun-Ra harus juga harus dengar permohonanku : berikan Set ganti rugi, lipatgandakan hak miliknya, dan berikan Anat dan Astarte (Tawaret) untuk menjadi istrinya.”

Mesir kemudian dibagi dua, Mesir Utara untuk Horus dan Mesir Selatan untuk Set. Tapi konflik kedua dewa ini masih saja berlangsung, bahkan konon sampai saat inipun masih berlangsung dan akan terus berlangsung sampai akhir zaman.

=KELUARGA SET=
Di antara para Ennead boleh dikatakan bahwa Set adalah yang memiliki istri paling banyak. Setidaknya ada empat istri yang dimiliki Set yakni :
• Nephtys : dewi rumah tangga, dewi sungai, putri Geb dan Nut, melahirkan Anubis.
• Astarte (Tawaret) : dewi kuda Nil, dewi kesuburan, tidak punya anak dengan Set.
• Anet : saudari Astarte, dewi kesuburan.
• Neith : dewi perang dan perburuan, melahirkan Sobek (dewa buaya).
Tapi Set juga punya masalah seksual yang oleh bidang psikologi modern disebut : biseksual. Tercatat ada satu cerita di mana ia pernah melakukan ‘penyerangan seksual’ pada Horus di kamar tidur keponakannya itu.

=PENYEMBAHAN=
Meskipun Set adalah ‘penjahat’, sampai akhir Dinasti Mesir (sebelum Mesir diduduki oleh Romawi), para pharaoh selalu punya kebiasaan berdoa mohon keberanian pada Horus dan mohon kekuatan pada Set. Tidak akan ada Ma’at (keteraturan) tanpa Isfet (kekacauan), itulah alasan kenapa Set tetap dipuja.


Sumber: Facebook Le Chateau de Phantasm
http://www.facebook.com/LCDP.Official
Sumber artikel langsung di link ini

No comments:

Berita Antar Dunia

Pusat Berita Dunia-Dunia