Selamat Datang, Para Penjelajah!

Bersiaplah untuk menjelajahi dunia ciptaan imajinasi dari para pencipta dunia dari Indonesia. Dunia-dunia penuh petualangan, keajaiban dan tentunya konflik antara kebaikan dan kejahatan. Maju terus para penulis fantasi Indonesia! Penuhi Takdirmu!

Fantasy Worlds Indonesia juga adalah blog resmi dari serial novel, komik, game dan multimedia FireHeart dan Evernade karya Andry Chang yang adalah versi Bahasa Indonesia dari NovelBlog berbahasa Inggris Everna Saga (http://fireheart-vadis.blogspot.com) dan FireHeart Saga (http://fsaga.blogspot.com)

Rubrik Utama Fantasindo

19 December 2013

Mitospedia - Isis, Sang Ratu


ISIS - SANG RATU 
Mitologi Mesir Kuno


Nama lain : Aset, Iset, Isis Panthea
Arti nama : Takhta
Peran : Dewi Ilmu Sihir dan Penyembuh, Dewi Kesuburan.

“Oh kau Ibu yang bodoh Astarte! Tinggal sedikit lagi dan anakmu akan menjadi dewa.”
-Isis-

Isis adalah putri dari Geb dan Nut yang kemudian menikahi saudaranya Osiris dan bersama dengan suaminya memerintah Mesir sebagai pasangan raja dan ratu. Isis artinya “takhta” dan biasanya Isis digambarkan sebagai wanita Mesir berambut panjang, dengan mahkota berbentuk kursi tahta di atas kepalanya. Kadang ia juga digambarkan memiliki sayap yang muncul merentang dari tangannya.

– MENURUNKAN RA DARI TAHTA–
Ra meskipun telah menciptakan manusia, bersikap agak tidak peduli dengan manusia-manusia yang ia ciptakan. Terkadang jika manusia ‘protes’, alih-alih mendengarkan, Ra justru akan mengirim Sekhmet, pengawalnya, untuk membinasakan manusia. Akibatnya kebudayaan manusia tidak pernah berkembang. Melihat keadaan ini Isis akhirnya meracuni Ra, memaksanya memberitahunya ‘ren’ – nama rahasianya – kemudian memaksa Sang Dewa Matahari menyerahkan urusan pemerintahan dunia pada dirinya dan Osiris. Ra akhirnya naik ke dunia langit dan Osiris naik tahta menjadi pharaoh atas dunia.

Osiris mengajari penduduk Mesir tentang tatakrama, tentang pembangunan pemukiman, sistem pemerintahan, dan pertanian sementara Isis mengajari penduduk Mesir cara membaca, menulis, juga mengajari wanita-wanita cara menggiling jagung dan membuat roti dari gandum.

– MENCARI TUBUH OSIRIS–

Kisah tentang Isis lebih banyak berkutat mengenai perjalanannya mencari tubuh almarhum suaminya – Osiris – yang dibunuh Set dan dibuang ke Sungai Nil lalu hanyut terbawa arus ke Kerajaan Biblos. Pada saat ia tahu jiwa suaminya sudah meninggalkan raganya, Isis pergi dari istana dengan membawa Horus kecil dan menitipkannya pada Nephtys – istri Set – atau Seqet – dewi kalajengking (tergantung versinya). Nephtys, meski ia adalah istri Set, lebih memihak Isis dan Osiris daripada suaminya karena Set tidak mengakui anak mereka – Anubis – sehingga Nephtys menitipkan Anubis dalam asuhan Osiris dan Isis.

Isis menanyai setiap pria dan wanita yang ia temui tentang keberadaan peti sarkofagus Osiris, tapi tak ada satupun yang tahu. Hingga akhirnya sekumpulan anak kecil yang sempat melihat Set membuang sarkofagus itu memberitahunya bahwa peti mati Osiris hanyut di Sungai Nil.

Isis mengikuti aliran sungai hingga tiba di Kerajaan Biblos. Di sana ia menyaru sebagai orang biasa, kembali mencari-cari keberadaan Osiris namun tidak juga menemukannya. Akhirnya ia berdiam di tepi sungai hingga akhirnya sekumpulan dayang-dayang kerajaan mendatangi tempat itu untuk mandi.

Isis menawarkan diri untuk mengikat rambut dayang-dayang itu seusai mereka mandi serta menghembuskan nafas berbau harum ke rambut dayang-dayang itu. Aroma itu sangat harum sehingga Ratu Astarte – Ratu Biblos – mengundang Isis ke istana dan mempekerjakannya sebagai dayang pengasuh bagi putranya yang sakit-sakitan. Isis berjanji ia akan menyembuhkan Sang Pangeran asal Sang Ratu tidak ikut campur dan tidak mengusik ritual penyembuhannya dengan cara apapun.

Sang Ratu setuju dan saban malam Isis membawa Sang Pangeran ke dalam sebuah ruangan, membaringkan bayi itu di perapian lalu mengubah dirinya sendiri menjadi sosok burung layang-layang yang bernyanyi sambil berputar-putar di sekitar perapian hingga pagi tiba. Suatu ketika Ratu Astarte yang penasaran menyelinap dan langsung mengusik ritual ketika menyaksikan anaknya diselimuti nyala api. Isis yang tahu ritualnya diusik langsung kembali ke wujud manusia dan memarahi Sang Ratu. Tapi Sang Ratu balik memarahi Isis dan minta penjelasan maksud ritual tadi itu. Isis akhirnya membuka jati dirinya, bahwa ia adalah seorang dewi dan ia melakukan ritual ini supaya bayi kecil itu bisa menjadi kaum abadi tapi sekarang ritualnya sia-sia.

Astarte memohon maaf dan menawarkan akan memberi hadiah apa saja kepada Isis. Isis akhirnya berkeliling istana dan meminta Sang Raja sebuah tiang penyangga istana yang dibuat dari kayu pohon tamarisk. Ketika tiang itu dibelah, sarkofagus Osiris muncul dari dalamnya. Isis akhirnya membungkus tiang itu dengan kain linen dan bahan harum-haruman lalu mengembalikannya ke Raja Biblos sementara ia sendiri pulang ke Mesir dengan membawa peti mati suaminya.

– PENCARIAN KEDUA–

Setibanya di Mesir, Isis menyembunyikan peti mati Osiris di semak-semak lalu pergi menemui Nephtys (atau Seqet) untuk mengambil kembali Horus. Tapi Set, yang kebetulan sedang berburu di daerah tempat Isis menyembunyikan Osiris langsung merasakan kehadiran Osiris. Set yang murka langsung memotong tubuh Osiris menjadi 14 bagian dan ketika Isis dan Horus kembali ke tempat itu mereka hanya menemukan sarkofagus yang kosong dan telah dirusak prajurit-prajurit Set.

Akhirnya Isis dan Horus mengembara mengelilingi Mesir dengan ditemani sejumlah hewan (di antaranya tujuh kalajengking penjaga yang bertugas melindungi Isis dan Horus). Setiap kali Isis menemukan potongan tubuh Osiris, ia akan membangun kuil di tempat itu untuk mengecoh Set – supaya Set mengira potongan tubuh Osiris hanya disimpan sebagai relikui suci di tempat itu padahal sebenarnya Isis membawanya dan dengan diam-diam menyatukannya kembali. Tapi Osiris tetap tidak bisa kembali ke dunia dan tetap tinggal di Duat. Hanya sesekali jiwa Osiris datang ke dunia untuk menemui Isis dan Horus dalam tempo singkat.


Sumber: Facebook Le Chateau de Phantasm
http://www.facebook.com/LCDP.Official
Sumber artikel langsung di link ini

No comments:

Berita Antar Dunia

Pusat Berita Dunia-Dunia