Selamat Datang, Para Penjelajah!

Bersiaplah untuk menjelajahi dunia ciptaan imajinasi dari para pencipta dunia dari Indonesia. Dunia-dunia penuh petualangan, keajaiban dan tentunya konflik antara kebaikan dan kejahatan. Maju terus para penulis fantasi Indonesia! Penuhi Takdirmu!

Fantasy Worlds Indonesia juga adalah blog resmi dari serial novel, komik, game dan multimedia FireHeart dan Evernade karya Andry Chang yang adalah versi Bahasa Indonesia dari NovelBlog berbahasa Inggris Everna Saga (http://fireheart-vadis.blogspot.com) dan FireHeart Saga (http://fsaga.blogspot.com)

Rubrik Utama Fantasindo

07 September 2015

[Lovecraftian] Dagon




 
#WORLDLORE - LOVECRAFTIAN UNIVERSE

DAGON
Gelar : Ayah Dagon
Ras : Deep Ones, Great Old Ones
Pasangan : Hydra

Dagon adalah Deep Ones yang punya ukuran ‘keterlaluan’, tingginya kira-kira setinggi bangunan bertingkat 30 atau sekitar 100 meter. Dagon dipuja para Deep Ones bersama pasangannya, Hydra (yang bergelar Ibu Hydra) serta Cthulhu. Dagon pertama kali diperkenalkan Lovecraft melalui sebuah cerita pendek berjudul ‘Dagon’ yang menceritakan soal pertemuan Sang Dagon dengan seorang pelaut Amerika yang terombang-ambing di lautan.

Dagon adalah dewa utama yang dipuja penduduk Innsmouth yang tergabung dalam Esotric Order of Dagon. Dagon sendiri amat jarang dimunculkan pada cerita Lovecraft lainnya.

Dagon sendiri diambil dari nama dewa kesuburan orang Filistin dan Mesopotamia yang punya jubah / wujud alternatif berupa ikan. Sementara pasangannya Hydra, diambil dari nama naga berkepala banyak dari mitologi Yunani.

Referensi :
• Lovecraft, Howard P. 1919. Dagon. http://www.hplovecraft.com/writings/texts/fiction/d.aspx
http://lovecraft.wikia.com/wiki/Dagon
http://villains.wikia.com/wiki/Father_Dagon
http://en.wikipedia.org/wiki/Dagon
 
Sumber artikel: 

No comments:

Berita Antar Dunia

Pusat Berita Dunia-Dunia